Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Dukung Penanganan Covid-19, PMI DIY Salurkan APD untuk Rumah Sakit Rujukan

“Bantuan untuk tenaga medis ini adalah wujud PMI DIY mendukung pemerintah dalam menangani Covid-19," ucapnya

Dukung Penanganan Covid-19, PMI DIY Salurkan APD untuk Rumah Sakit Rujukan
Dok. PMI DIY
Palang Merah Indonesai Daerah Istimewa Yogyakarta menyerahkan bantuan kepada petugas medis dalam rangka penanganan virus corona atau Covid-19 

TRIBUNNEWS.COM, YOGYAKARTA - Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, KGPAA Paku Alam X dan Ketua Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY), GBPH. H. Prabukusumo, S.Psi dijadwalkan akan memberikan Alat Perlindungan Diri (APD) ke dua belas rumah sakit rujukan di DIY pada Senin (4/5/2020) pukul 10.00 WIB di Markas PMI DIY, Jalan Siliwangi No. 3 Pathuk, Banyuraden, Gamping, Sleman.

“Bantuan untuk tenaga medis ini adalah wujud PMI DIY mendukung pemerintah dalam menangani Covid-19. APD yang kami berikan ini adalah donasi dari Yayasan Amal Bakti Natural Nusantara, di antaranya adalah baju hazmat sejumlah 500 pcs, masker bedah sejumlah 4.700 pcs, masker N95 sejumlah 825 pcs, pelindung wajah (face shield) sejumlah 125 pcs dan hand sanitizer sejumlah 3.456 pcs. Sedangkan rumah sakit rujukan yang kami beri dukungan adalah RS Sardjito, RS Panti Rapih, RS Bethesda, RS Hardjolukito, RSA UGM, RS JIH, RS Bhayangkara, RSUD Kota Yogyakarta, RSUD Bantul, RSUD Sleman, RSUD Wonosari dan RSUD Wates,” tutur GBPH Prabukusumo, Ketua PMI DIY dalam keterangannya, Minggu (3/5/2020).

Baca: Seorang Perawat RSPI SS Gugur dalam Bertugas Perangi Covid-19

Selain untuk rumah sakit rujukan, PMI DIY juga kembali akan mendistribusikan perlengkapan penanganan Covid-19 untuk Kabupaten/Kota di DIY, di antaranya adalah 152 hazmat, masker N95 sejumlah 120 pcs, handscoon sejumlah 400 pcs, face shield sejumlah 60 pcs, hand sanitizer sejumlah 576 pcs, disinfektan DCS (Disinfektan Semprot Corona) sejumlah 4 jeriken, disinfektan Wipol sejumlah 2.112 pcs dan beras paket 800 kilogram serta sarung dan mukena masing-masing 100 pcs.

“Personel PMI, sampai dengan saat ini masih terus bekerja menangani dan mencegah Covid-19 dengan melakukan penyemprotan disinfektan di 1.325 titik dengan jumlah penerima manfaat sejumlah 349.579 orang, promosi kesehatan di 245 titik dengan penerima manfaat sejumlah 26.376 orang selama periode 20 Maret-2 Mei 2020," kata Gusti Prabukusumo.

"Sedangkan pelayanan ambulans baik kedaruratan maupun pemakaman jenazah terdampak Covid-19, PMI Kabupaten Gunungkidul tiga puluh kali, delapan belas di antaranya pemakaman, sementara PMI Kabupaten Sleman telah melayani pemakaman sejumlah 13 kali dan PMI Kabupaten Bantul sejumlah lima kali," katanya.

Gusti Prabu, sapaan akrab Ketua PMI DIY juga menuturkan bahwa selama masa tanggap darurat Covid-19, pelayanan kepada masyarakat terdampak Covid-19, mulai dari penyemprotan disinfektan, pelayanan ambulans, hingga memakamkan orang-orang dengan status Pasien Dalam pengawasan, pasien positif maupun Orang Dalam Pengawasan (ODP), pendampingan psikososial, promosi dan edukasi hidup bersih dan sehat juga distribusi bantuan dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan untuk menghindarkan terjadinya kerumunan.

“Mereka bersiaga 24 jam! Pemakaman, mayoritas dilakukan malam hari, atau bisa juga dini hari dan siang hari. Begitu pula pelayanan kedaruratan, bisa terjadi sewaktu-waktu. Semua personel, selain dalam penanganannya menggunakan pakaian APD lengkap dengan protokol penanganan Covid-19 juga diberikan asuransi. Dengan demikian, sampai saat ini kami masih meminta dukungan dari berbagai pihak untuk membantu PMI, baik melalui donasi di rekening maupun donasi perlengkapan dan peralatan," ucapnya.

"Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat, para donatur, media, PMI Pusat yang telah mendukung PMI, bersama-sama, gotong royong menangani wabah ini. Sampai dengan 2 Mei 2020 pukul 17.01 WIB, donasi yang terkumpul sebesar Rp250.858.000,00 dan sudah digunakan untuk tanggap darurat penanganan Covid-19. Kami juga masih membuka donasi, silakan masyarakat yang akan membantu bisa menyalurkan melalui rekening Bank Mandiri No. 137.00074.49594 atas nama Penanggulangan Bencana PMI Provinsi DIY," ungkap Gusti Prabu

Gusti Prabukusumo menuturkan bahwa semua personel PMI yang bertugas di lapangan, dari pelayanan disinfektan, ambulans, donor darah menggunakan APD lengkap sesuai Protokol Pencegahan Covid-19.

Halaman
12
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas