Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Aparat Keamanan Lebih Berisiko Tertular Covid-19, Ini Protokol Bekerja Bagi Polisi Hingga Satpol PP

Melihat besarnya risiko aparat tertular covid-19, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengeluarkan surat edaran protokol kesehatan bagi aparat.

Aparat Keamanan Lebih Berisiko Tertular Covid-19, Ini Protokol Bekerja Bagi Polisi Hingga Satpol PP
Tribunnews/Dany Permana
Petugas kesehatan memeriksa pemudik di Cek Point Gerbang Tol Palimanan, Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). Malam takbiran Lebaran 2020, mayoritas pemudik dari Jakarta masih berusaha pulang ke kampung halamannya, meski pengetatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan larangan mudik telah dikeluarkan pemerintah. TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Apfia Tioconny Billy

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Di masa pandemi virus corona (covid-19) ini aparat kemanan turut berhadapan langsung atau kontak dengan masyarakat untuk menertibkan masyarakat agar mengikuti kebijakan penanganan covid-19 dari pemerintah.

Aparat yang ikut serta memelihara covid-19 ini meliputi kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja maupun petugas negara/Pemerintah Daerah.

Melihat besarnya risiko aparat tertular covid-19, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengeluarkan surat edaran nomor HK.02.01/MENKES/334/2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan Covid-19 bagi Aparat yang Melaksanakan Tugas Pengamanan dan Penertiban Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19.

“Kepada seluruh pimpinan Kementerian/Lembaga, pimpinan pemerintah daerah, Kepala Kepolisian Republik Indonesia dan Panglima TNI agar mengimbau kepada seluruh jajarannya untuk menerapkan pencegahan penularan Covid-19,” kata Menkes Terawan Agus Putranto, Sabtu (23/5/2020).

Baca: Bawa Obat-obatan Mencurigakan, Seorang Pemuda Diamankan Aparat Gabungan PSBB

Baca: Menkes Keluarkan Panduan New Normal di Tempat Kerja: Atur Shift, Nutrisi Karyawan Hingga Edukasi

Pada protokol kesehatan ini Menkes Terawan mengingatkan tentang pentingnya memastikan kesehatan sebelum bertugas, menggunakan alat pelindung diri (APD) hingga pentingnya kembali menjaga kesehatan saat sudah sampai di rumah.

“Saya harapkan protokol itu dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab agar bertugas bisa dengan aman dan terhindar dari Covid-19,” ungkap Menkes Terawan.

IIustrasi: Ditlantas Polda DIY saat melaksanakan operasi ketupat 2020, Sabtu (25/4/2020). Hingga hari kedua pelaksanan operasi tersebut, polisi setidaknya telah memutar balikkan sebanyak 97 kendaraan yang akan masuk ke wilayah setempat.
IIustrasi: Ditlantas Polda DIY saat melaksanakan operasi ketupat 2020, Sabtu (25/4/2020). Hingga hari kedua pelaksanan operasi tersebut, polisi setidaknya telah memutar balikkan sebanyak 97 kendaraan yang akan masuk ke wilayah setempat. (Dokumentasi Ditlantas Polda DIY)

Protokol pencegahan dilakukan antara lain :
1. Pastikan aparat dalam kondisi sehat sebelum bertugas di lapangan. Apabila terdapat keluhan demam/batuk/pilek/sakit tenggorokan/sesak nafas agar tidak ditugaskan dan istirahatkan di rumah.

2. Gunakan pakaian kerja saat bertugas, dengan baju berlengan panjang.

3. Wajib menggunakan masker, faceshield, dan sarung tangan.

Halaman
12
Penulis: Apfia Tioconny Billy
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas