Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kadispenad Tekankan Agar Penyalahgunaan Media Sosial Istri Prajurit Tidak Terulang

Nefra menekankan agar media sosial dapat dikelola dengan baik baik oleh satuan maupun personel TNI AD.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Kadispenad Tekankan Agar Penyalahgunaan Media Sosial Istri Prajurit Tidak Terulang
youtube
ilustrasi.Penghina Presiden Jokowi dibekuk oleh Tim Cyber Polres Probolinggo Kota. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kadispenad Kolonel Inf Nefra Firdaus kepada para pejabat Penerangan TNI AD menekankan agar penyalahgunaan sosial media oleh prajurit maupun istri prajurit tidak terulang.

Nefra menekankan agar media sosial dapat dikelola dengan baik baik oleh satuan maupun personel TNI AD.

Hal itu disampaikan Nefra dalam kegiatan Video Conference (Vicon) di Puskodalad, Mabesad, Jakarta Pusat pada Rabu (27/5/2020).

"Yang tidak kalah pentingnya lagi adalah pengelolaan media sosial oleh satuan maupun personel TNI AD dan keluarganya. Medsos harus dikelola dengan baik, jangan sampai pelanggaran yang dilakukan beberapa personel maupun istri prajurit terulang kembali,” kata Nefra dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Darat pada Rabu (27/5/2020).

Baca: AS dan Tiongkok Berseteru di PBB Perihal Otonomi Hong Kong

Selain itu Nefra mengatakan, sebagai ujung tombak TNI AD, jajaran Penerangan harus bangkit dan kreatif dengan meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) serta mengoptimalkan sarana dan prasarana Penerangan yang ada.

Nefra mengatakan dalam menjalankan tugas pokoknya, para pejabat Penerangan harus mau berubah ke arah yang lebih baik.

Ia mengatakan indikator kinerja para pejabat Penerangan TNI AD dapat dimonitor oleh Dispenad dan dilaporkan kepada Kepala Staf Angkatan Darar termasuk para pimpinan Kotama/Balakpus masing-masing.

Baca: Warga Bisa Dipidana Jika Melawan Petugas Polri saat New Normal

BERITA TERKAIT

"Ini juga merupakan bentuk komitmen TNI AD dalam menjalankan amanah Undang-undang keterbukaan informasi publik. Tentunya dengan batasan-batasan yang ada sesuai dengan tugas di bidang pertahanan," kata Nefra.

Nefra memgatakan upaya yang dilakukan untuk memberikan informasi kepada publik di antaranya adalah dengan mengadakan lomba pembuatan video tentang penanganan Covid-19 yang dilakukan jajarannya.

Menurutnya hal tersebut merupakan upaya yang dilakukan agar publik mengetahui sejauh mana kinerja satuan jajaran TNI AD.

Baca: Pamer Foto Mandi Bareng Bule, Tamara Bleszynski Justru Banjir Pujian, Gandeng Pacar Baru?

“Lomba ini membutuhkan kreativitas, serta inovasi yang tidak hanya unik, tetapi juga humanis, inspiratif, dan edukatif. Lomba video pendek ini diikuti oleh jajaran Penerangan Kotama/Balakpus dengan durasi pendek,” kata mantan Danbrigif-16/WY Kodam V/Brw.

Selain memberikan instruksi kepada satuan jajaran, Nefra juga memberikan motivasi agar unsur jajaran Penerangan tidak hanya bangkit dan kreatif, tetapi juga harus memiliki kemauan untuk terus- menerus belajar meningkatkan kualitas dan kapabilitas individu.

“Termasuk membangun sinergi dan bekerja sama dengan mitra media maupun jurnalis. Ini penting, karena rekan-rekan media, tidak saja mitra untuk memublikasikan, tetapi juga sahabat sejati dalam membangun atmosfer informasi di tanah air yang aktual dan faktual, serta mampu mendukung program pembangunan Indonesia,” kata Nefra.

Diberitakan sebelumnya istri anggota Kodim Pidie Aceh diduga telah melanggar UU ITE lewat akun media sosialnya beberapa waktu lalu.

Akibatnya Serda K yang merupakan anggota Kodim Pidie, Korem Lilawangsa, Kodam Iskandar Muda (Aceh) dijatuhi hukuman disiplin militer nerupa penahanan ringan sampai dengan 14 hari pada Rabu (20/5/2020).

Serda K dijatuhi hukuman karena tidak mentaati perintah kedinasan yang sudah dikeluarkan berulang kali tentang larangan penyalah gunaan sosial media oleh Prajurit TNI AD dan keluarganya.

Sedangkan istri Serda K berinisial AL diduga melanggar UU ITE karena mengunggah link berita berjudul konser "Bersatu Lawan Corona" yang memperlihatkan foto Presiden Joko Widodo tengah berswafoto dengan masyarakat.

Dalam unggahan tersebut AL juga mengunggah status bertuliskan "Semoga Allah memgampuni dosa-dosamu Pakde".

Selain itu AL juga mengunggah komentar bertuliskan "Sedih ya Bu Mona Va ..punya pemimpin yg pinplan gitu ..Ntah mau dibawa k mn bangsa ini" dan "semoga semuanya cpet usai...biar bebas kita.. ya kita cuma ngikut ...g bisa berbuat bnyk ya kn bue".

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas