Tribun
TribunJualbeli
Tribunnews.com
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Kemensos Sebut Ada Berkah di Balik Covid-19, Data Jadi Lebih Baik

Restu menyebut Kemensos akan mengajukan tambahan anggaran bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat terdampak Covid-19 sampai September 2020

Kemensos Sebut Ada Berkah di Balik Covid-19, Data Jadi Lebih Baik
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Seorang ibu menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 300.000 dari petugas di Kantor Pos Besar Bandung, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jumat (8/5/2020). Pembagian BLT dari pemerintah kepada warga miskin tersebut serentak dilakukan di setiap Kantor Pos. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) menyebut pandemi Covid-19, telah membuat data penerima bantuan atau kategori masyarakat tidak mampu menjadi lebih baik.

"Apakah ini berkah atau bencana? Satu sisi ini bencana, tapi satu sisi dengan Covid-19, pada akhirnya update data lebih baik, buat saya jadi berkah," ujar Staf Khusus Menteri Sosial, Restu Hapsari dalam diskusi virtual bertajuk 'Bansos Pandemi Covid-19, Bencana atau Berkah?', Kamis (28/5/2020).

Restu mengakui pengkinian data masyarakat yang berhak menerima bantuan tidak mudah dilakukan, namun adanya Covid-19 membuat data menjadi tepat sasaran.

"Tidak mudah ketika ngomelin satu dua daerah, tapi kemudian ini terjadi, rakyat yang merasakan, maka kemudian RT/RW bergerak cepat," ucap Restu.

Baca: 254 Daerah Tak Update DTKS Penyebab Bansos Kemensos Tidak Tepat Sasaran

"Kemudian muncul kesolidan di perangkat desa supaya dia benar-benar bisa melayani warganya dengan baik," sambung Restu.

Di sisi lain, Restu menyebut Kemensos akan mengajukan tambahan anggaran bantuan sosial (bansos) untuk masyarakat terdampak Covid-19 sampai September 2020.

"Kemensos tidak yakin Juni sudah selesai (Covid-19), sehingga kami mengusulkan untuk nanti diperpanjang lagi sampai September," tutur Restu.

Baca: Jawaban Naysilla Mirdad Saat Ditanya Kapan Nikah

Menurutnya, bansos tahap selanjutnya yang disalurkan ke masyarakat akan memiliki skema dan nominal berbeda.

"Nominalnya tidak sebanyak sekarang, tapi nanti kita liat sekemanya seperti apa. Namun, kami liat mana yang lebih butuh," ujar Restu.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Eko Sutriyanto
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas