Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Mahfud MD dan Tito Karnavian Kunjungi Kepulauan Anambas Jelang Pemberlakuan New Normal

Kepulauan Anambas berbatasan langsung dengan tiga negara yakni Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Mahfud MD dan Tito Karnavian Kunjungi Kepulauan Anambas Jelang Pemberlakuan New Normal
kkp.go.id
Sejumlah Pulau di Kepulauan Anambas 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD bersama Mendagri Tito Karnavian meninjau pulau terluar dan terdepan yakni Kabupaten Kepulauan Anambas Provinsi Kepulauan Riau hari ini Kamis (4/6/2020) jelang pemberlakuan new normal atau Adaptasi Kehidupan Baru (AKB).

Dalam kunjungannya sebagai ketua pengarah Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), Mahfud dan rombongan meninjau hasil-hasil pembangunan di kawasan perbatasan. 

Selain itu Mahfud juga sempat meresmikan Masjid Agung Baitul Makmur Anambas sekaligus melalukan sholat zuhur berjamaah dengan tetap menjaga jarak sesuai panduan protokol kesehatan. 

Baca: Posko Gugus Tugas Covid-19 di Kabupaten Anambas Kepri Diserang Sekelompok Remaja

“Saya dan pak Mendagri tadi bicara dengan pak Bupati. Saya ingatkan bahwa virus corona ini serangannya cepat dan tak terlihat, jadi supaya sungguh-sungguh menjaga lalulintas orang yang masuk keluar agar Anambas tetap hijau," kata Mahfud dalam keterangan yang dibagikan Tim Media Menko Polhukam pada Kamis (4/6/2020).

Sebagaimana diketahui Kepulauan Anambas  berbatasan langsung dengan tiga negara yakni Malaysia, Thailand, dan Vietnam.  

Dalam kunjungan kerja tersebut Mahfud dan rombongan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat antara lain dengan menjaga jarak di perjalanan dan lokasi pertemuan, terus mengenakan masker, juga mencuci tangan pada sejumlah titik yang didatangi. 

Tidak hanya itu, Mahfud dan seluruh anggota rombongan melalukan test swab tiga hari sebelum keberangkatan.

BERITA TERKAIT

“Protokol kesehatan covid 19 itu tidak hanya berlaku di kota, tidak hanya di daerah merah, tapi daerah-daerah terluar seperti Kepulauan Anambas ini juga mesti diterapkan. Dan meskipun daerah ini masih zona hijau, saya gembira karena masyarakat yang menyambut kami tadi pakai masker, suhu kita kita semua diukur, dan jarak tetap dijaga," kata Mahfud

Sebelum meninggalkan Anambas, Mahfud juga menyempatkan diri melaporkan suasana prakondisi menjelang pemberlakuan new normal di pulau terluar tersebut kepada Presiden Joko Widodo. 

Setelah rangkaian kunjungan kerja di Anambas selesai, Mahfud kemudian meneruskan perjalanan ke Pulau Galang Batam untuk mengunjungi Rumah Sakit Khusus Covid.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas