Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Pelanggar Masker Meningkat Pesat di Masa Transisi, Pemprov DKI Terima Denda Rp330 Juta

Lonjakan pelanggaran disinyalir karena euforia masyarakat yang sebelumnya sudah terlalu jenuh di masa PSBB ekstrem, kemudian melampiaskan keinginannya

Pelanggar Masker Meningkat Pesat di Masa Transisi, Pemprov DKI Terima Denda Rp330 Juta
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Massa yang berasal dari Persatuan Musisi Cafe Indonesia melakukan demonstrasi di depan Balai Kota Jakarta, Rabu (8/7/2020). Para musisi yang biasa menampilkan keahliannya di sejumlah cafe di Jakarta menuntut Pemprov DKI Jakarta membolehkan mereka bekerja kembali di masa PSBB transisi dengan menerapkan prosedur new normal. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin mengatakan terjadi peningkatan tajam pelanggar masker di masa PSBB transisi dibanding masa pembatasan ketat.

Lonjakan pelanggaran disinyalir karena euforia masyarakat yang sebelumnya sudah terlalu jenuh di masa PSBB ekstrem, kemudian melampiaskan keinginannya berkegiatan di luar rumah.

"Di PSBB transisi nampak terlihat terjadinya lonjakan pelanggaran terhadap penggunaan masker. Mungkin masyarakat sudah jenuh, letih, lelah dengan beragam aturan-aturan dan pembatasan-pembatasan," kata Arifin saat dihubungi, Sabtu (18/7/2020).

Baca: Pemprov DKI Kumpulkan Rp1,355 Miliar dari Sanksi Denda Pelanggar PSBB

Setidaknya ada 27 ribu orang yang tercatat melanggar penggunaan masker sehingga dilakukan penindakan. Mereka dikenai sanksi kerja sosial ataupun sanksi denda administrasi.

Jumlah pelanggar yang dikenai sanksi denda sebanyak 1.824 orang, dengan denda paling tinggi Rp250 ribu. Hasilnya terkumpul uang sebesar Rp330.910.000.

Uang yang terkumpul selanjutnya disetor ke kas daerah melalui Bank DKI.

Sementara jumlah sanksi kerja sosial sebesar 25.180 orang. Mereka diminta membersihkan sarana dan prasarana umum di sekitar titik pemeriksaan.

"Dari pelanggaran masker ini memang yang terbanyak yang kita lakukan penindakan," jelas dia.

Dengan catatan tersebut, Arifin mengimbau kepada warga DKI atau masyarakat sekitar ibu kota yang beraktivitas di Jakarta untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan. Baik itu menjaga jarak, disiplin memakai masker, dan rajin cuci tangan dengan sabun.

"Ketika melakukan aktivitas di luar, pastikan bahwa ketentuan protokol Covid-nya dipatuhi, khususnya penggunaan masker," pungkas Arifin.

Diketahui PSBB Transisi berlaku sejak 5 Juni 2020 dan kemudian dua kali diperpanjang hingga 30 Juli 2020.

 
 

Ikuti kami di
Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas