Tribun

Hotel Tentrem Gunakan Lampu UVC untuk Sterilkan Ruangan dari Virus

Ada inovasi baru yang dilakukan Hotel Tentrem untuk memaksimalkan pencegahan penyebaran virus Covid-19, yakni menggunakan teknologi lampu UVC.

Editor: Content Writer
Hotel Tentrem Gunakan Lampu UVC untuk Sterilkan Ruangan dari Virus
Hotel Tentrem
Kamar tidur di Presidential Suite Hotel Tentrem, Yogyakarta 

TRIBUNNEWS.COM - Pada Masa Adaptasi Kebiasaan Baru di tengah pandemi, mobilitas masyarakat seperti bekerja, berbelanja, hingga rekreasi masih menggeliat.

Begitu pun industri perhotelan yang masih beroperasi mengakomodasi aktivitas masyarakat dengan mengedepankan protokol kesehatan.

Salah satu hotel besar di Indonesia yang mengetatkan prosedur ekstra adalah Hotel Tentrem. Hotel Tentrem memaksimalkan standar operasional baru sejak pandemi berlangsung, seperti mewajibkan penggunaan masker, sterilisasi setiap ruangan, dan membatasi kapasitas tamu hingga 50 persen.

Selain itu, ada inovasi baru yang dilakukan Hotel Tentrem untuk memaksimalkan pencegahan penyebaran virus Covid-19, yakni menggunakan teknologi ultraviolet melalui sinar ultraviolet C (UVC) dari lampu LED (Light Emitting Diode).

Teknologi sinar UVC ini diketahui mampu membunuh virus dan bakteri di ruangan. Melansir Science Daily pada Rabu (15/4/2020), para peneliti mengembangkan LED ultraviolet yang dinilai memiliki kemampuan untuk mendekontaminasi permukaan dari virus corona

Lampu UVC dikabarkan mendekontaminasi udara dan air yang terpapar bakteri dan virus, salah satunya virus corona, SARS-CoV-2.

Pemasangan LED bermuatan UVC ini sudah diaplikasikan di Hotel Tentrem Yogyakarta dan Hotel tentrem Semarang sejak awal September 2020. Salah satu tujuannya mencegah penyebaran virus Covid-19 yang menurut beberapa penelitian menular melalui droplet yang disebarkan lewat transmisi udara (airborne).

Baca: Ramai Tutup Usaha, Tentrem Buka Hotel dan Mall di Semarang

“Tak hanya membuat penyesuaian pada prosedur standar operasional, Hotel Tentrem Yogyakarta dan Hotel Tentrem Semarang juga melakukan pengamanan ekstra, memastikan keselamatan tamu, melalui penggunaan teknologi ultraviolet untuk mensterilkan udara sehingga terbebas dari virus dan bakteri. Sinar UV yang digunakan adalah jenis lampu ultraviolet C,” kata Direktur Utama Sido Muncul sekaligus pemilik Hotel Tentrem, Irwan Hidayat.

Pemasangan lampu UVC pada sistem pendingin

Hotel Tentrem lampu LED UVC
Hotel Tentrem memaksimalkan pencegahan penyebaran virus Covid-19, yakni menggunakan teknologi ultraviolet melalui sinar ultraviolet C (UVC) dari lampu LED (Light Emitting Diode) yang dipasang di sistem pendingin.

Lampu UVC yang diletakkan pada central Air Handling Unit & setiap Fan Coil Unit yang ada di setiap kamar dan area publik hotel Tentrem seperti lobby, restoran, ruang pertemuan, kids playground, fitness dan spa. (Istimewa)

Penggunaan lampu UVC dimodifikasi melalui pemasangan di jalur pendingin udara seperti AC.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas