Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Pemerintah Gandeng Perusahaan Swasta untuk Produksi Vaksin Covid-19 dalam Negeri

Kerjasama dengan perusahaan swasta tersebut terkait dengan investasi dalam pengembangan dan juga produksi vaksin Covid-19.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco
zoom-in Pemerintah Gandeng Perusahaan Swasta untuk Produksi Vaksin Covid-19 dalam Negeri
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Petugas Uji Klinis Vaksin Covid-19 mengenakan APD saat akan melakukan proses penyuntikan vaksin kepada relawan di Puskesmas Garuda, Jalan Dadali, Kota Bandung, Jumat (14/8/2020). Penyuntikan vaksin Covid-19 buatan China tersebut serentak dilakukan kepada 100 orang relawan di lima lokasi berbeda di Kota Bandung, yakni di Balai Kesehatan Unpad, Puskesmas Garuda, Puskesmas Sukapakir, Puskesmas Dago, dan Puskesmas Ciumbuleuit. Penyuntikan vaksin dilakukan setelah para relawan menjalani pemeriksaan spesimen usap pada kunjungan pertama dan hasilnya menunjukkan tidak terinfeksi virus corona penyebab Covid-19. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah bakal bekerjasama dengan beberapa perusahaan swasta terkait pengembangan vaksin Covid-19 yang dikembangkan di dalam negeri.

Menteri Riset dan Teknologi/ Badan Riset Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro mengatakan perusahaan swasta dilibatkan karena tingginya kebutuhan vaksin Covid-19 untuk 270 juta warga Indonesia.

Perusahaan BUMN PT Bio Farma, menurut Bambang, tidak mampu memproduksi 540 juta ampul vaksin Covid-19 untuk 270 juta masyarakat Indonesia.

"Satu orang itu harus dua kali vaksin di awal, maka dibutuhkan 540 juta ampul ya. 540 juta tentunya agak berat kalau hanya Bio farma sendirian karena tahun depan kapasitasnya 240 juta pertahun, karenanya kita sekarang sedang menggandeng beberapa perusahaan swasta," ujar Bambang dalam webinar yang disiarkan channel Youtube Rakyat Merdeka, Selasa (6/10/2020).

Baca: Satgas: Masyarakat Abai Protokol, Angka Positif Covid-19 akan Terus Meningkat

Kerjasama dengan perusahaan swasta tersebut terkait dengan investasi dalam pengembangan dan juga produksi vaksin Covid-19.

Saat ini, Bambang mengatakan ada empat perusahaan swasta yang telah menyatakan siap bekerjasama dalam produksi vaksin Covid-19.

"Nah ada empat perusahaan yang saat ini sudah menyatakan serius ingin mengembangkan line produksi vaksin," ungkap Bambang.

BERITA TERKAIT

Bambang tidak merinci empat perusahaan swasta tersebut.

Namun, dirinya mengatakan empat tersebut diantaranya perusahaan farmasi murni belum mengembangkan vaksin dan perusahaannya farmasi yang sebelumnya sudah membuat vaksin hewan.

Selain itu, perusahaan ini juga bakal bertanggung jawab untuk mendapatkan izin dari BPOM sebagai produsen vaksin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas