Tribun

Virus Corona

Satgas: Vaksin Covid-19 Untuk Masyarakat Umum Kemungkinan Baru Keluar Disemester Kedua 2021

Tim Pakar Satgas Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku Turro Wongkaren mengingatkan masyarakat harus tetap waspada terhadap pandemi Covid-19.

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Satgas: Vaksin Covid-19 Untuk Masyarakat Umum Kemungkinan Baru Keluar Disemester Kedua 2021
Tangkap layar channel YouTube BNPB
Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan COVID-19 (Satgas COVID-19) Dr. Turro Wongkare 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim Pakar Satgas Covid-19 Bidang Perubahan Perilaku Turro Wongkaren mengingatkan masyarakat harus tetap waspada terhadap pandemi Covid-19.

Pasalnya, meski vaksin Covid-19 telah tiba di Indonesia. Namun, ada kemungkinan vaksin yang disuntukan ke masyarakat umum akan dilakukan pada semester kedua tahun 2021.

Turro bahkan menyebut, hal itu jika tidak terjadi hambatan dalam proses uji klinis, pengujian di BPOM dan distribusi di seluruh wilayah Indonesia.

Hal itu disampaikan Turro saat dialog bertajuk Pentingnya Peran Masyarakat Akhiri Pandemi yang disiarkan kanal YouTube BNPB Indonesia, Senin (21/12/2020).

"Kita harus hati-hati karena vaksin itu kalau sesuatunya berjalan baik, untuk masyatakat umum baru keluar pada semester kedua 2021. Masih lama," kata Turro.

Baca juga: BPOM Klarifikasi Sinovac yang Disebut Paling Lemah Dibandingkan Vaksin Lainnya: Belum Ada Pengumuman

Kepala Lembaga Demografi FEB UI inj pun menyebut, kendala di kebijakan publik juga berpengaruh kapan masyarakat umum akan mendapatkan vaksin Covid-19.

Maka dari itu, Turro mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan serta tetap menjaga lingkungan sekitar terhindar dari virus Corona.

Menurutnya, jangan sampai masyatakat terpapar Covid-19 dulu baru tergantung dengan vaksin.

Jadi memang harus diperpanjang (protokol kesehatan,red). Jangan smpai sebelum vaksin beneran datang, kita sudah kena (Covid-19) duluan," jelasnya.

Catatan Redaksi: 
Bersama-kita lawan virus corona. Tribunnews.com mengajak seluruh pembaca untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan. Ingat pesan ibu, 3M (Memakai masker, rajin) Mencuci tangan, dan selalu Menjaga jarak).

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas