Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Kepatuhan Masyarakat Pada Protokol Kesehatan Turun November 2020, Lalai Pakai Masker Paling Drastis

Sejak November, tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan mengalami penurunan.

Kepatuhan Masyarakat Pada Protokol Kesehatan Turun November 2020, Lalai Pakai Masker Paling Drastis
Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Herianto (32) sedang menata suvenir khas Gedong Songo di kios suvenir miliknya, di kawasan wisata Gedong Songo, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Minggu (6/12/2020). Jumlah wisatawan yang mendatangi objek wisata Gedong Songo sudah mulai membaik walau belum seratus persen. Mereka yang datang wajib menerapkan tiga M yaitu menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan, dan pemeriksaan suhu tubuh sebelum masuk area Gedong Songo. Senang bisa mengeksplorasi dan memberi panggung bagi keunikan dan keragaman Indonesia. Tribun Jateng/Hermawan Handaka #TribunNetwork #MataLokalMenjangkauIndonesia 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny Harry B Harmadi mengungkapkan sejak November, tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan mengalami penurunan.

Satgas Covid-19 memantau tingkat kepatuhan masyarakat melalui aplikasi monitoring perubahan perilaku.

"Jadi monitoring perubahan perilaku itu menunjukkan sejak November itu terjadi penurunan kepatuhan terhadap protokol kesehatan," ucap Sonny dalam webinar Milenials Againts Covid-19 Tahun Baru Ubah Laku, Sabtu (26/12/2020).

Sonny mengungkapkan laporan terhadap pihaknya berasal dari 370.000 orang.

Baca juga: Satgas Covid-19 Sebut Anak Muda Cenderung Lebih Abai pada Protokol Kesehatan

Baca juga: Tak Pakai Masker saat di Luar Rumah, Warga Kota Bekasi Bakal Kena Denda Rp 100 Ribu

Sementara Duta Perubahan Perilaku yang diterjunkan hingga 52.614 orang.

Penurunan kepatuhan terhadap protokol kesehatan, menurut Sonny, terjadi sejak pekan kedua November.

Padahal kepatuhan terhadap protokol kesehatan sempat naik pada Agustus hingga Oktober.

PESAN MORAL LEWAT MURAL - Seniman lukis mural sedang mengekspresikan karyanya di tembok pembatas kampung di wilayah Tanah Tinggi, Kota Tangerang, Selasa (22/12/2020). Mereka melukis tentang berbagai hal, salah satunya lukisan tentang orang memakai masker dan mencuci tangan, lewat lukisan ini mereka ingin mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah dalam mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari paparan Covid-19. WARTA KOTA/NUR ICHSAN
PESAN MORAL LEWAT MURAL - Seniman lukis mural sedang mengekspresikan karyanya di tembok pembatas kampung di wilayah Tanah Tinggi, Kota Tangerang, Selasa (22/12/2020). Mereka melukis tentang berbagai hal, salah satunya lukisan tentang orang memakai masker dan mencuci tangan, lewat lukisan ini mereka ingin mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah dalam mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari paparan Covid-19. WARTA KOTA/NUR ICHSAN (WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN)

"Tadinya dari mulai bulan Agustus, September, Oktober itu naik terus ya. Kepatuhan kita naik terus kalau yang sampai mencapai sekitar 86 sampai 87 persen kepatuhan memakai masker, dengan kepatuhan menjaga jarak sekitar 81 sampai 82 persen," kata Sonny.

"Lalu setelah pertengahan November itu kepatuhan kita turun terus bahkan sampai memakai masker itu sempat di bawah angka 60 persen," tambah Sonny.

Akhirnya, Satgas Covid-19 menerjunkan Duta Perubahan Perilaku untuk meningkatkan lagi kepatuhan terhadap protokol kesehatan. Hingga akhirnya mengalami kenaikan pada Desember.

"Naik pelan-pelan sampai sekarang tuh sampai sekitar di angka sekitar 79 persen untuk memakai masker," pungkas Sonny.

--

Ikuti kami di
Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas