Tribun

Penanganan Covid

Dominan Alami Gejala Ringan Covid-19, Epidemiolog: Karena Mirip Flu, Rata-rata Nggak Menyadari

Hal ini karena mereka tidak menyadari gejala seperti nyeri otot hingga menggigil juga berpotensi menunjukkan gejala Covid-19.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Hendra Gunawan
Dominan Alami Gejala Ringan Covid-19, Epidemiolog: Karena Mirip  Flu, Rata-rata Nggak Menyadari
WARTA KOTA/WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Warga melakukan swab test antigen di Halaman Polsek Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (2/2/2021). Polsek Gambir melakukan pemeriksaan swab Antigen bagi warga kurang mampu dengan tujuan mengetahui warganya sehat. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Epidemiolog Universitas Griffith Australia Dicky Budiman mengatakan miripnya gejala virus corona (Covid-19) dengan influenza, membuat angka mereka yang terinfeksi virus ini semakin meningkat.

Hal ini karena mereka tidak menyadari gejala seperti nyeri otot hingga menggigil juga berpotensi menunjukkan gejala Covid-19.

"Makanya ini yang membuat kenapa Covid ini berbahaya, dalam artian orang nggak aware, nggak menyadari, karena kan siapa yang nggak pernah nyeri otot, pegal-pegal, kita kalau mau kena flu ya begitu juga," ujar Dicky, kepada Tribunnews, Jumat (12/2/2021).

Penyakit influenza di berbagai negara pada umumnya memiliki gejala yang sama, namun karena gejala Covid-19 ini serupa dengan influenza, maka banyak masyarakat yang tidak sadar bahwa mereka mungkin saja terinfeksi Covid-19.

Baca juga: Penyintas Boleh Divaksin Covid-19? Ini Penjelasan Kemenkes

"Nah gejala-gejala ini karena udah biasa untuk masyarakat, tidak hanya di Indonesia, di berbagai negara kan kena ke flu ya seperti itu," jelas Dicky.

Gejala yang ditimbulkan oleh virus ini tentunya tidak menunjukkan tanda fisik seperti penyakit cacar maupun demam berdarah.

Sehingga masyarakat pada umumnya akan menganggap biasa gejala yang dialami saat mulai terinfeksi Covid-19, karena mereka beranggapan hanya terkena influenza biasa.

Baca juga: Peringati Imlek 2021, Ketua DPR: Mari Kuatkan Persatuan dan Kesatuan Hadapi Pandemi Covid-19

Namun masyarakat bisa mulai menyadari jika gejala yang mereka rasakan itu menunjukkan level cukup berat, yakni gangguan nafas.

"Nah ini yang beda, misalnya kalau cacar ada bintik bintik, atau misalnya demam berdarah ada sampai mimisan seperti itu. Nah (Covid-19) ini gejalanya hampir mirip kayak flu-flu begitu bagi yang ringan, tapi bagi yang (gejala) berat nanti ada gangguan nafas," papar Dicky.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas