Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Penyandang Diabetes Perlu Dapatkan Vaksinasi Covid-19, Ini Alasannya

Ada tiga alasan yang menjadi landasan mengapa vaksinasi wajib diberikan kepada kelompok penyandang diabetes.

Penyandang Diabetes Perlu Dapatkan Vaksinasi Covid-19, Ini Alasannya
Shutterstock
Tips kesehatan untuk meminimalisasi risiko komplikasi virus Corona adalah dengan menjaga kadar gula dalam darah tetap normal. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Program vaksinasi virus corona (Covid-19) yang dilakukan pemerintah diharapkan bisa menyasar seluruh lapisan masyarakat, mulai dari kalangan tenaga kesehatan (nakes) hingga kelompok lanjut usia (lansia).

Lalu bagaimana dengan mereka yang berada dalam kelompok penderita penyakit penyerta (komorbid) termasuk penyandang diabetes ?

Saat ini penyandang diabetes (diabetesi) yang terinfeksi virus ini mencapai angka 35 persen dari total jumlah pasien Covid-19 yang ada di Indonesia.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa diabetesi ini perlu divaksinasi.

Baca juga: Penderita Diabetes Boleh Ikut Vaksinasi Covid-19, Tapi Ada Ketentaunnya, Simak Penjelasan Dokter

Baca juga: Penyintas, Ibu Menyusui, Penderita Diabetes dan Hipertensi Boleh Divaksin Covid-19

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Metabolik Endokrin dari Rumah Sakit (RS) Cipto Mangunkusumo Dr. dr. Em Yunir, SpPD-KEMD pun menyebutkan tiga alasan yang menjadi landasan mengapa vaksinasi wajib diberikan kepada kelompok ini.

Ia menjelaskan bahwa penurunan sistem imun pada para diabetesi ini membuat mereka masuk dalam kelompok yang rentan terinfeksi Covid-19.

"Pertama, pasien diabetes merupakan kelompok yang rentan terinfeksi Covid-19, karena mengalami penurunan sistem imun," ujar Em Yunir, dalam Webinar bertajuk 'Vaksin Covid-19 dan Diabetesi' bersama aplikasi Teman Diabetes, Sabtu (20/2/2021) sore.

Petugas kesehatan bersiap sebelum menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta Pusat, Rabu (17/2/2021). Vaksinasi Covid-19 tahap kedua yang diberikan untuk pekerja publik dan lansia itu dimulai dari pedagang Pasar Tanah Abang. Tribunnews/Herudin
Petugas kesehatan bersiap sebelum menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A, Jakarta Pusat, Rabu (17/2/2021). Vaksinasi Covid-19 tahap kedua yang diberikan untuk pekerja publik dan lansia itu dimulai dari pedagang Pasar Tanah Abang. Tribunnews/Herudin (Tribunnews/Herudin)

Kemudian para diabetesi ini juga harus menghadapi risiko munculnya berbagai infeksi lainnya.

Ini tentunya dapat memperburuk kondisi penyakit mereka.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas