Tribun

Penanganan Covid

10 Juta Bahan Baku Vaksin Sinovac Tiba, Total Vaksin di Indonesia 38 Juta Dosis

Pemerintah kembali mendapatkan suplai bahan baku vaksin dari Sinovac yang akan digunakan untuk vaksinasi di Indonesia.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Johnson Simanjuntak
10 Juta Bahan Baku Vaksin Sinovac Tiba, Total Vaksin di Indonesia 38 Juta Dosis
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Dokter Puskesmas menyiapkan vaksin Covid-19 produk Sinovac. 

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Pemerintah kembali mendapatkan suplai bahan baku vaksin dari Sinovac yang akan digunakan untuk vaksinasi di Indonesia.

Pada pengiriman tahap lima kali ini, 10 juta bahan baku atau bulk vaksin tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Pada Selasa, (2/3/2021). 

"Hari ini kita kedatangan 10 juta bulk vaksin, bulk vaksin ini adalah materi dasar vaksin yang nanti akan dibuat oleh Bio Farma menjadi sekitar 8 juta vaksin," kata Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono saat menyambut kedatangan vaksin di bandara.

Dengan datangnya 10 juta bahan baku vaksin tersebut maka total vaksin yang ada di Indonesia saat ini berjumlah 38 juta.

Selain vaksin yang berasal dari Sinovac, pemerintah kata Dante masih menunggu beberapa vaksin lagi yang berasal dari sejumlah produsen. Antara lain dari Pfizer, AstraZeneca, dan Novavax.

" Kesemua vaksin tersebut akan memenuhi kebutuhan vaksinasi seluruh masyarakat Indonesia sebanyak 186 juta penduduk Indonesia, " katanya.

Baca juga: Filipina Terima Sumbangan Vaksin Covid-19 Sinovac, Duterte Pilih Merek Lain

Dante mengatakan pihaknya dibantu oleh Ditjen Bea Cukai Kementerian Keuangan dalam akselerasi pengadaan vaksin Covid-19. Sehingga proses kedatangan vaksin lebih mudah agar bisa segera diberikan kepada masyarakat Indonesia. 

"Semuanya ini akan dilakukan secara terintegrasi dan vaksin yang baru tiba ini akan diberikan untuk program vaksinasi tahap II yakni pelayan publik dan Lansia sebesar 21,6 juta," pungkasnya.

Sebelumnya Vaksin Covid-19  buatan Sinovac kembali tiba di tanah air, pada Selasa, (2/2/2021).

Vaksin yang datang berupa bahan baku atau bulk sebanyak 10 juta dosis ditambah 1 juta dosis overfield (cadangan).

Kedatangan vaksin tahap ke empat tersebut menambah jumlah ketersediaan vaksin di dalam negeri.

Sebelumnya 3 juta vaksin (tahap 1 dan 2) tiba di Indonesian pada Desember tahun lalu, serta 15 juta bahan baku vaksin tiba pada 12 Januari lalu.

"Hingga saat ini total vaksin dan calon vaksin yang sudah ada di tanah air kita ada 28 juta dosis," kata Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi, di Bandara Soekarno Hatta, Selasa, (2/2/2021).

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas