Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penanganan Covid

Kemenkes dan KPU Kerja Sama Pemanfaatan Data Pemilih untuk Program Vaksinasi Nasional

Kementerian Kesehatan dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerja sama dalam pemanfaatan data pemilih untuk pendataan vaksinasi nasional

Kemenkes dan KPU Kerja Sama Pemanfaatan Data Pemilih untuk Program Vaksinasi Nasional
Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Budi Gunadi Sadikin - Menteri Kesehatan (Muchlis jr/Biro Pers Sekretariat Presiden) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Kesehatan dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) bekerja sama dalam pemanfaatan data pemilih untuk pendataan vaksinasi nasional di Kantor KPU RI, Selasa (2/3/2021).

Bentuk kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan Penandatangan Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama dalam Penanggulangan Covid-19 antara Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Plt Ketua KPU Ilham Saputra.

Baca juga: Penambahan Pasien Covid-19 Subang Tembus Rekor, Klaster Pesantren Jadi Penyumbang Terbesar

Selain itu, kerja sama tersebut ditandai dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama tentang pemanfaatan data pemilih pada Pemilihan Umum dan Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota untuk pendataan sasasaran vaksinasi dalam rangka penanggulangan Covid-19 oleh Sekjen Kemenkes dan Sekjen KPU.

Data pemilih yang dimaksud di sini adalah data yang berisi pemilih berusia paling rendah 18 tahun yang disediakan oleh KPU berdasarkan daftar pemilih pada Pemilihan Umum/Pemilihan Gubernur, Bupati, atau Wali Kota terakhir yang telah dimutakhirkan.

Baca juga: WHO Pesimis Pandemi Covid-19 Selesai Tahun 2021

Dalam melaksanakan kerja sama, Kemenkes bertanggungjawab untuk menentukan kebijakan sasaran pelaksanaan Vaksinasi Covid-19, menyampaikan informasi mengenai hal-hal yang dibutuhkan untuk pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

Kemenkes juga bertanggung jawab berperan aktif dalam menyampaikan kebijakan maupun informasi yang dibutuhkan terkait pemanfaatan data Pemilih.

Kemenkes juga bertanggungjawab memberikan jaminan kerahasiaan, keutuhan, dan kebenaran data pemilih serta tidak dilakukannya penyimpanan dan atau diberikannya data pemilih kepada pihak lain tanpa sepengetahuan dan izin dari KPU.

Baca juga: Setahun Covid-19, Guru Besar FK UI Ingatkan Pemerintah Untuk Tak Abaikan Penyakit Lain

Sedangkan KPU bertanggung jawab memberikan atau menyediakan data pemilih sebagai salah satu dasar pendataan sasaran vaksinasi Covid-19.

KPU juga bertanggungjawab memberikan dukungan data pemilih sesuai dengan proses pemutakhiran berjalan dan kebijakan maupun informasi kebutuhan yang disampaikan oleh Kemenkes, serta memberikan dukungan update data sesuai dengan kebijakan maupun informasi kebutuhan yang disampaikan Kemenkes.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Gita Irawan
Editor: Adi Suhendi
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas