Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Satgas Penanganan Covid-19: Persentase Kasus Aktif Covid-19 di Tanah Air Berada Dibawah Angka Global

Doni Monardo mengklaim bahwa angka persentase kasus aktif Covid-19 di Indonesia terus menurun dalam dua hingga tiga bulan terakhir. 

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Satgas Penanganan Covid-19: Persentase Kasus Aktif Covid-19 di Tanah Air Berada Dibawah Angka Global
Capture video
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo dalam Rakor Penanggulangan Bencana Tangguh Hadapi Bencana yang disiarkan dikanal YouTube BNPB Indonesia, Selasa (9/3/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengklaim bahwa angka persentase kasus aktif Covid-19 di Indonesia terus menurun dalam dua hingga tiga bulan terakhir. 

Bahkan saat ini, kata Doni, angka kasus aktif itu berada di bawah angka global atau dunia.

"Sepanjang 2-3 bulan terakhir ini, kita bisa menurunkan kasus aktif sehingga pada hari ini capaian yang terbaik kita sudah satu digit, yaitu 9,72 persen sementara kasus aktif dunia berada pada posisi 17,34 persen," ujar Doni, dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR, di Ruang Rapat Komisi IX, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/3/2021).

Menurut Doni, data menunjukkan kasus aktif Covid-19 di Indonesia mencapai angka tertinggi pada bulan Januari-Februari 2021 lalu. 

Tak hanya menyebabkan penuhnya rumah sakit dengan pasien Covid-19, namun dokter dan tenaga kesehatan banyak yang terpapar pula akibat tingginya kasus Covid-19 dalam periode tersebut. 

Di sisi lain, Doni mengklaim pelarangan Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk pegawai BUMN hingga TNI/Polri untuk tidak ke luar kota selama libur panjang ternyata cukup efektif menekan peningkatan kasus Covid-19. 

Baca juga: Menag Sebut Biaya Haji Berpotensi Naik di Masa Pandemi Covid-19

Doni menegaskan berkaca pada pengalaman selama pandemi ini, tidak adanya pelarangan untuk bepergian selama libur panjang berimbas pada lonjakan jumlah kasus Covid-19

BERITA TERKAIT

"Strategi terakhir, melarang para pegawai pemerintah yaitu ASN BUMN dan juga Polri/TNI untuk tidak bepergian ke luar kota. Ini ternyata sangat efektif," jelasnya. 

Doni menyatakan dirinya juga sudah berkoordinasi dan meminta pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah untuk mengimbau karyawan swasta tidak bepergian ke luar kota. 

"Ini ternyata sangat baik. Ke depan strategi ini harus menjadi pelajaran kita semua untuk bisa menekan kasus covid, maka yang kita lakukan adalah pembatasan," kata Doni. 

Kepala BNPB itu juga menegaskan kasus aktif Covid-19, angka kematian dokter dan tenaga kesehatan berangsur menurun pasca PPKM mikro diterapkan. 

Karenanya Doni mengharapkan strategi PPKM mikro hingga pembatasan ketika libur panjang dapat dijadikan pembelajaran guna menekan kasus Covid-19 tersebut. 

"Kita semua harus belajar dari kasus ini. Ketika terjadi libur panjang, maka kasus aktif akan sangat meningkat pesat. Ini berdampak pada rumah sakit penuh, dokter dan tenaga kesehatan lainnya juga terpapar Covid-19," tandas Doni. 
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas