Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Penanganan Covid

Menteri PUPR : RS Darurat Simbol Perjuangan Rakyat Indonesia Kalahkan Pandemi Covid-19

Dalam waktu empat hari, Wisma Atlet Kemayoran ditingkatkan dan dilengkapi dengan peralatan yang memadai untuk menjadi pusat layanan medis Covid-19

Menteri PUPR : RS Darurat Simbol Perjuangan Rakyat Indonesia Kalahkan Pandemi Covid-19
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Petugas kesehatan menggunakan alat pelindung diri saat memberikan berkas pasien Covid-19 saat tiba di pos pemeriksaan IGD Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (16/9/2020). Gubernur Anies Baswedan pada Sabtu pekan lalu mengatakan saat ini pasien terpapar Covid-19 dengan status Orang Tanpa Gejala atau OTG akan dirawat di RSD Wisma Atlet, sebanyak 1.740 pasien Covid-19 yang dirawat inap hingga Rabu, 16 September 2020. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wisma Atlet Kemayoran sudah satu tahun beroperasi menjadi RS Darurat Covid-19.

Wisma Atlet merupakan buah karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Perumahan.

Pengalihfungsian Wisma Atlet Kemayoran menjadi RS Darurat Covid-19 mengikuti arahan dari Presiden RI Joko Widodo, sejak ditemukannya pasien pertama positif COVID-19 pada awal Maret 2020 silam.

“Hari ini tepat satu tahun Wisma Atlet Kemayoran beralihfungsi sebagai RS Darurat Covid-19 sesuai instruksi Presiden Joko Widodo.

RS Darurat merupakan simbol perjuangan rakyat Indonesia mengalahkan pandemi Covid-19.

Kontribusi seluruh pihak yang terlibat dalam pengoperasian RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran harus diapresiasi,” ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, di Jakarta, Selasa (23/3/2021).  

Dalam waktu empat hari, Wisma Atlet Kemayoran yang dibangun oleh Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Wilayah Jawa I ini, ditingkatkan dan dilengkapi dengan peralatan yang memadai untuk menjadi pusat layanan medis Covid-19.

Baca juga: Satgas Pantau 44.848 Suspek Covid-19 Per 23 Maret 2021

Mulai dari Instalasi Gawat Darurat (IGD), Intensive Care Unit (ICU), Ruang negative pressure serta ruang rawat inap pasien.

Sebagai RS Darurat, Wisma Atlet Kemayoran yang telah berdiri sejak 2016, memiliki 10 tower, yakni Blok C terdiri dari 3 tower dengan 1.932 unit, dan kapasitas tampung 5.796 orang.

Kemudian Blok D10 yang memiliki 7 tower dengan 5.494 unit dan kapasitas tampung 16.482 orang. Model bangunan tipe 36, lengkap ruang tamu, dapur, kamar mandi dan shower.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas