Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Virus Corona

Puasa Tahun Ini Masih Pandemi, Anak Usia Bawah 10 Tahun Disarankan Tidak Tarawih di Masjid

Orangtua diminta tidak membawa serta anak-anaknya yang masih berusia di bawah 10 tahun saat menjalankan ibadah salat tarawih berjemaah di masjid.

Puasa Tahun Ini Masih Pandemi, Anak Usia Bawah 10 Tahun Disarankan Tidak Tarawih di Masjid
Tribun Medan/Risky Cahyadi
Jemaah Tarekat Naqsabandiyah melakukan Salat Tarawih pertama di Rumah Ibadah Suluk Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah, Pasar IV, Simpang Kongsi, Gang Leman Harahap, Marindal, Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara, Minggu (11/4/2021). Jemaah Tarekat Naqsabandiyah menetapkan satu Ramadan 1442 H pada Senin (11/4), berdasarkan penghitungan hisab munjid. Puasa Tahun Ini Masih Pandemi, Anak Usia Bawah 10 Tahun Disarankan Tidak Tarawih di MasjidTribun Medan/Risky Cahyadi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Orangtua diminta tidak membawa serta anak-anaknya yang masih berusia di bawah 10 tahun saat menjalankan ibadah salat tarawih berjemaah di masjid.

Namun, apabila terpaksa harus membawa serta anak kecil protokol kesehatan harus dijaga betul, seperti mengenakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak.

Selain itu harus membawa perlengkapan ibadah pribadi dari rumah.

"Kami mengimbau untuk para masyarakat tidak perlu rasanya membawa anak berusia di bawah 10 tahun untuk melakukan salat tarawih bersama," kata Juru Bicara Vaksinasi Covid-19, Siti Nadia Tarmizi saat konferensi pers secara daring, Senin(12/4/2021).

Baca juga: Hindari Penularan Corona, Tarawih di Masjid Dipersingkat, Ini Pandangan Jumlah Rakaat Salat Tarawih

Baca juga: Didominasi Jemaah Musafir, DKM Masjid Ramlie Musofa Sunter Memilih Salat Tarawih 11 Rakaat

Setiap masjid kata Nadia juga harus disemprot disinfektan dan dibersihkan secara teratur. Tidak lupa juga harus menyediakan stok masker apabila ada jemaah yang lupa mengenakan.

Umat Islam melaksanakan Salat Tarawih berjemaah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (12/4/2021). Pengurus Masjid Istiqlal menggelar Salat Tarawih berjemaah pada bulan Ramadan 1442 H dengan pembatasan 30 persen jemaah dari kapasitas masjid dan menerapkan protokol kesehatan. Tribunnews/Irwan Rismawan
Umat Islam melaksanakan Salat Tarawih berjemaah di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Senin (12/4/2021). Pengurus Masjid Istiqlal menggelar Salat Tarawih berjemaah pada bulan Ramadan 1442 H dengan pembatasan 30 persen jemaah dari kapasitas masjid dan menerapkan protokol kesehatan. Tribunnews/Irwan Rismawan (Tribunnews/Irwan Rismawan)

Lebih lanjut, Nadia mengimbau agar masyarakat tidak memaksakan diri untuk beribadah di masjid, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan selama bulan Ramadan.

"Di bulan Ramadan ini, kita tetap senantiasa fokus pada ibadah, bekerja dan berusaha tetap menjaga kesehatan masing-masing," ujarnya.

Vaksin Siang dan Malam
Pada kesempatan tersebut, Nadia juga mengatakan bahwa agenda vaksinasi tetap dilakukan pada bulan Ramadan.

"Untuk vaksinasi malam hari, kami mendorong koordinasi yang dilakukan oleh para pengurus masjid bersama Puskesmas melalui RT, RW, Lurah serta Kepala Desa setempat untuk menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan, setelah pelaksanaan dari ibadah puasa di siang hari," kata Nadia.

Nadia mengatakan, tidak ada persiapan khusus untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di bulan Ramadan.

Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada warga di Kampung Tangguh Jaya (KTJ) Cideng, Jakarta, Sabtu (10/4/2021). Polda Metro Jaya memanfaatkan 500 KTJ, mal, dan tempat pelayanan umum lainnya yang akan memberikan pelayanan kepada masyarakat agar lebih mudah melakukan vaksinasi. Tribunnews/Herudin
Vaksinator menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada warga di Kampung Tangguh Jaya (KTJ) Cideng, Jakarta, Sabtu (10/4/2021). Polda Metro Jaya memanfaatkan 500 KTJ, mal, dan tempat pelayanan umum lainnya yang akan memberikan pelayanan kepada masyarakat agar lebih mudah melakukan vaksinasi. Tribunnews/Herudin (Tribunnews/Herudin)
Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas