Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Polemik Vaksin Nusantara

Siti Fadilah Supari: Kalau Vaksin Nusantara Terawan Sukses Pemerintah Juga yang Untung

Siti Fadilah Supari mengatakan, negara akan ikut diuntungkan bila penelitian dokter Terawan Agus Putranto terkait vaksin Nusantara berhasil.

Siti Fadilah Supari: Kalau Vaksin Nusantara Terawan Sukses Pemerintah Juga yang Untung
Covid19.go.id
Eks Menteri Kesehatan (Menkes), Terawan Agus Putranto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Menteri Kesehatan Siti Fadilah Supari mengatakan, negara akan ikut diuntungkan bila penelitian dokter Terawan Agus Putranto terkait vaksin Nusantara berhasil.

Selain bisa memproduksi vaksin Covid-19 sendiri, Indonesia juga diuntungkan karena akan memperoleh nama baik di mata dunia. 

"Menurut saya pemerintah harusnya Tut Wuri Handayani. Silahkan melakukan penelitian, dipantau sampai dapat hasilnya. Toh nanti kalau hasilnya baik pemerintah juga ikut beruntung, karena kita juga dapat nama," ujar Siti saat berbincang dengan Tribun Network, Jumat (16/4/2021).

Atas dasar itu Siti berharap agar ide Terawan mengembangkan vaksin Nusantara dengan metode dentitrik autolog tidak dijegal di tengah jalan. 

Penelitian Terawan terhadap sel dentitrik untuk meningkatkan imun tubuh manusia agar terhindar dari virus Covid-19 menurut Siti harus terselesaikan.

"Kalau ada orang yang mempunyai pemikiran, mbok jangan ditebang dulu. Dilihat dulu, mudah-mudahan berhasil," ujar Siti.

"Kalau memang tidak berhasil ya sudah, ternyata hipotesis Anda (Terawan) salah. Tapi kalau tiba-tiba ditebang, tidak boleh meneliti, itu rasanya kok tidak pancasilais. Menjegal ide anak bangsa," sambung Siti.

Baca juga: Vaksin Nusantara Jadi Polemik, Vaksin Merah Putih Siap Produksi Masal, Apa Beda Keduanya?

Siti sekaligus mengharapkan agar penelitian Terawan tentang vaksin Nusantara tidak dikait-kaitkan dengan politik. 

Menurutnya, hal itu justru dapat menimbulkan simpang-siur di tengah masyarakat.

"Jangan dikait-kaitkan dengan politik, jangan dirumorkan dengan urusan simpang-siur. Sebetulnya tidak simpang-siur," ujar Siti.

Menurut Siti, masyarakat maupun pemerintah tidak perlu menjegal upaya Terawan mengembangkan vaksin Nusantara.

Masyarakat dan pemerintah, lanjut Siti, harusnya duduk manis sembari menanti hasil penelitian dokter Terawan terhadap sel dentitrik untuk memperbaiki imun tubuh manusia agar terhindar dari virus Covid-19.

"Tenang saja, duduk manis, berdoa, berzikir sambil menunggu hasil penelitiannya. Kalau (hasilnya) baik kita sambut, kalau tidak terbukti ya kita cari kenapa tidak terbukti," ujar Siti.
 

Ikuti kami di
Penulis: Lusius Genik Ndau Lendong
Editor: Johnson Simanjuntak
  Loading comments...
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas