Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Penangkapan Terduga Teroris

Mulai Juli Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Umum Dibuka

Pelaksanaan vaksinasi untuk usia 18 tahun ke atas baru berlangsung di wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya. Juli nanti akan dibuka untuk umum.

Mulai Juli Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Umum Dibuka
WARTA KOTA/TRIBUNNEWS.COM/NUR ICHSAN
VAKSINASI MASAL SAMBUT HARI BHAYANGKARA - Dalam rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-75, Jajaran Polres Tangerang Kota bekerja sama dengan Tangcity Mal menggelar vaksinasi massal bagi masyarakat umum, Senin (21/6/2021). Sebanyak 500 dosis vsksin Astra Zeneca disediakan untuk kalangan masyarakat seperti pedagang, ojol, hingga masyarakat sekitarnya. Vaksinadi ini diberikan bagi mereka yang belum mendapatkan vaksinasi pada tahap pertama maupun kedua pada program sebelumnya. TRIBUNNEWS.COM/NUR ICHSAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Pelaksanaan vaksinasi untuk usia 18 tahun ke atas baru berlangsung di wilayah Jabodetabek dan Bandung Raya.

Sementara untuk daerah lain dijadwalkan akan dimulai pada Juli 2021 mendatang

Hal itu disampaikan Juru Bicara COVID-19 dari Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid saat dihubungi Tribunnews.com, Rabu (23/6/2021).

Baca juga: AHY Serukan Pentingnya Solidaritas Global Demi Sukseskan Vaksinasi Covid-19

Baca juga: Ivermectin, Obat Cacing untuk Atasi Covid-19, Bagaimana Cara Kerjanya, Benarkah Ampuh? Ini Kata Ahli

Ia mengatakan, pemerintah saat ini masih mengatur pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum ini, lantaran bergantung pada ketersediaan vaksin.

"Nanti Juli mulai serentak tapi karena jumlah vaksin tidak datang sekaligus maka harus dilakukan pengaturan pelaksanaannya di daerah," ungkap Nadia.

Untuk mendorong terciptanya herd immunity (kekebalan kolektif) masyarakat dari risiko penularan Covid-19, Polrestabes Semarang menggelar vaksinasi massal dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75. Vaksinasi diselenggarakan di Hall UTC Semarang, Selasa (22/6/21). Vaksinasi bagi masyarakat umum berlangsung malai Selasa hingga Jumat, 25 Juni 2021. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)
Untuk mendorong terciptanya herd immunity (kekebalan kolektif) masyarakat dari risiko penularan Covid-19, Polrestabes Semarang menggelar vaksinasi massal dalam rangka HUT Bhayangkara ke-75. Vaksinasi diselenggarakan di Hall UTC Semarang, Selasa (22/6/21). Vaksinasi bagi masyarakat umum berlangsung malai Selasa hingga Jumat, 25 Juni 2021. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka) (TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA)

Pemerintah menargetkan 141,5 juta orang akan menerima suntikan vaksin Covid-19 untuk masyarakat umum ini secara bertahap.

Diketahui, Kementerian Kesehatan meminta Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota di wilayah Bogor, Depok, Tangerang Raya, Bekasi (Bodetabek) dan Bandung Raya agar mempercepat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bagi penduduk berusia diatas 18 tahun.

Permintaan ini merupakan respon atas peningkatan kasus yang terjadi di Bodetabek dan Bandung Raya dalam kurun waktu 7 terakhir.

Keadaan ini tentu menimbulkan kekhawatiran terjadinya lonjakan kasus yang semakin besar.

Sebagai antisipasi, maka percepatan vaksinasi ini diharapkan juga mempercepat tercapainya herd immunity (kekebalan kelompok) di wilayah DKI Jakarta dan daerah penyangganya.

Kendati pemberian vaksin COVID-19 kepada penduduk usia 18 tahun keatas dipercepat, Kementerian Kesehatan menekankan bahwa pada pelaksanaanya harus memprioritaskan pemberian vaksin kepada tenaga kesehatan dan tenaga kesehatan penunjang di fasilitas pelayanan kesehatan, kelompok masyarakat lansia, petugas pelayanan publik dan masyarakat rentan lainnya (masyarakat di daerah kumuh, orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) serta pra lansia) yeng belum mendapatkan vaksinasi maupun yang belum lengkap vaksinasinya.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas