Tribun

Menko PMK Minta KPAI Antisipasi Dampak Jangka Panjang Infeksi Covid-19 pada Anak

Muhadjir juga meminta dukungan KPAI, khususnya perwakilan KPAI di daerah untuk turut andil memberikan perhatian khusus kepada kasus Covid-19

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hendra Gunawan
Menko PMK Minta KPAI Antisipasi Dampak Jangka Panjang Infeksi Covid-19 pada Anak
TRIBUNNEWS/HERUDIN
Ilustrasi: Sejumlah anak bermain becak mini yang dapat disewa di Banjir Kanal Timur (BKT), Jakarta, Selasa (1/6/2021). BKT terbentang memanjang sejauh 23,5 km mulai dari Kebon Nanas di Jakarta Timur hingga Pantai Marunda di Jakarta Utara. Tidak hanya berfungsi sebagai pengendali banjir ibukota, BKT juga dimanfaatkan oleh warga untuk berwisata murah dikala pandemi. TRIBUNNEWS/HERUDIN 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mendorong KPAI bekerja sama dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) untuk mengkaji dampak jangka panjang Covid-19 dan antisipasinya pada anak-anak Indonesia.

Hal itu disampaikan Muhadjir dalam Rakornas Antisipasi Lonjakan Covid-19 Pada Anak dan Pemenuhan Hak Dasar Anak di Masa Pandemi yang dilaksanakan KPAI secara daring, pada Rabu (30/6/2021).

"Indonesia ini akan dilanjutkan oleh mereka yang sekarang baru lahir dan anak-anak. Masa depan Indonesia akan sangat ditentukan oleh mereka.

Dan saya sangat men-support, sangat setuju dengan apa yang diinisiasi KPAI untuk fokus kepada dampak Covid-19 pada anak," ujar Muhadjir melalui keterangan tertulis, Kamis (1/7/2021).

Baca juga: Tak Ada Tawar Menawar, Presiden Targetkan Agustus Harus 2 Juta Orang Divaksin Setiap Hari

Muhadjir juga meminta dukungan KPAI, khususnya perwakilan KPAI di daerah untuk turut andil memberikan perhatian khusus kepada kasus Covid-19 yang menjalar ke anak-anak.

Dia mengatakan, KPAI bisa menggandeng organisasi non profit yang bergerak dalam perlindungan anak untuk memberikan sosialisai kepada orang tua terkait pentingnya vaksin, pentingnya protokol kesehatan.

Baca juga: Cegah Aktivitas Kepelabuhan Terhambat, KBS Laksanakan Vaksinasi ke Seluruh Stakeholder Pelabuhan

Menurut Muhadjir, langkah tersebut bertujuan untuk melindungi anak-anak dari penularan virus corona.

"Inisiatif daerah, inisiatif organisasi yang punya perpanjangan tangan di daerah termasuk Inisiatif KPAI sebetulnya punya andil besar terhadap selesai tidaknya Covid-19 dan juga memberikan perlindungan pada anak-anak kita," tutur Muhadjir.

Baca juga: 14 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Covid-19 Sinovac Tiba di Indonesia Hari Ini

Berdasarkan data yang dihimpun Satgas Covid-19 per 29 Juni, sebanyak 12,6 persen kelompok usia anak tertular Covid-19, 2,9 persen kasus terjadi di usia 0-5 tahun dan 9,7 persen kasus berusia 6-18 tahun. Sebaran kasus ini terjadi di seluruh provinsi di Indonesia.

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas