Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Berapa Persen Tingkat Kesembuhan Anak yang Terkena Covid-19? Berikut Penjelasannya

Purniati menyarankan untuk harus lebih menjaga anak yang memiliki penyakit bawaan. Karena saat terinfeksi gejala yang dirasakan akan lebih berat.

Berapa Persen Tingkat Kesembuhan Anak yang Terkena Covid-19? Berikut Penjelasannya
Shutterstock
Ilustrasi anak. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sama seperti orang dewasa, anak kecil berisiko terinfeksi Covid-19. Ada yang terinfeksi tanpa gejala, memunculkan gejala ringan hingga berat. 

Namun jangan khawatir. Menurut Dr dr Ni Putu Siadi Purniati, Sp A (K) tingkat kesembuhan pada anak-anak terinfeksi Covid-19 cukup tinggi. Yaitu sebesar sebesar 95%, namun dengan catatan tidak memiliki komorbid atau penyakit dasar. 

Misalnya seperti penyakit leukemia, ginjal, autoimun, penyakit kelainan paru, kelainan jantung dan lainnya. 

Oleh karena itu, dr Purniati menyarankan untuk harus lebih menjaga anak yang memiliki penyakit bawaan. Karena saat terinfeksi gejala yang dirasakan akan lebih berat.

Baca juga: Makanan Sehat untuk Melawan Pandemi Covid-19

Selain itu, tingkat kesembuhan semakin tinggi jika orangtua segera membawa anak ke fasilitas kesehatan. Sayangnya, dr Purniati menyebutkan jika orangtua sering membawa anak ketika gejala sudah cukup berat

"Kita terima saat orangtua membawa anaknya dalam keadaan sakit bergejala berat ke fasilitas kesehatan. Terpaksa dibawa ke instansi gawat darurat," ungkapnya pada siaran Radio Kesehatan, Senin (5/7/2021).

Berbagai alasan banyak yang memantik hal ini di antaranya seperti orangtua takut akan tertular jika ke fasilitas kesehatan. 

Jika penanganan terlambat, kata dr Purniati, kemungkinan terburuk bisa terjadi. Oleh karena itu, orangtua harus segera membawa anak jika ada indikasi ke arah infeksi.

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas