Tribun

Virus Corona

Dapat Bantuan 500 Ton Oksigen, Pemerintah Bakal Salurkan ke Rumah Sakit di Pulau Jawa

Bantuan oksigen tahap pertama ini akan dikirimkan ke DKI Jakarta sebanyak 46 ton, provinsi Jawa Barat dan 6 ton untuk DI Yogyakarta. 

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Hasanudin Aco
Dapat Bantuan 500 Ton Oksigen, Pemerintah Bakal Salurkan ke Rumah Sakit di Pulau Jawa
TRIBUN JATENG/TRIBUN JATENG/HERMAWAN HANDAKA
Pekerja sedang melakukan pengisian ulang tabung oksigen di Ferdian Oksigen Jalan Sadewo Utara Blok -E No 2 Semarang, Jawa Tengah, Jumat (9/7/21). Harga isi ulang tabung untuk 1m3 sebesar 50 ribu, untuk 1.5m3 70 ribu, sedangkan 2m3 di harag 80 ribu. Dalam satu hari rata-rata kita mengisi 80 tabung. Untuk permintaan oksigen saat ini over, terhitung setelah lebaran ini naik sekitar 300 persen. Untuk pelayanan sendiri kita buka mulai pukul 08.00 WIB. (Tribun jateng/Hermawan Handaka) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menerima bantuan 500 ton Liquid Oxygen dari Tanoto Foundation. 

Sekretaris Utama BNPB Lilik Kurniawan mengatakan bantuan ini sangat dibutuhkan untuk penanganan pasien Covid-19 di Indonesia. 

"Bantuan ini sangat dibutuhkan disaat lonjakan pasien Covid-19. Respon cepat Tanoto Foundation sangat meringankan kami dalam memenuhi pasokan oksigen yang semakin langka," ujar Lilik melalui keterangan tertulis, Senin 12/7/2021). 

Bantuan akan dikirimkan melalui 5 tahap.

Tahap pertama, sebanyak 100 Ton oksigen telah diserahkan secara simbolis pada Minggu (11/7) sore, di Lapangan Kantor Kementerian Kesehatan, Jakarta. 

Baca juga: Indonesia Terima Bantuan 1.000 Tabung Oksigen dan 1 Juta Vaksin dari Sea Group

Lilik mengatakan oksigen ini akan disalurkan kepada rumah sakit yang berada di Pulau Jawa. 

"Oksigen ini akan segera kami distribusikan ke rumah sakit di Pulau Jawa dan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan," ucap Lilik. 

Bantuan oksigen tahap pertama ini akan dikirimkan ke DKI Jakarta sebanyak 46 ton, provinsi Jawa Barat dan 6 ton untuk DI Yogyakarta. 

Direktur Komunikasi Tanoto Foundation, Haviez Gautama kepada perwakilan Kementerian Kesehatan berharap pasokan oksigen ini dapat membantu penanganan Covid-19 di Indonesia. 

"Di tengah kondisi melonjaknya jumlah kasus Covid-19 di Indonesia saat ini, kita melihat ketersediaan oksigen bagi pasien Covid-19 di rumah sakit sangatlah penting," ungkap Haviez. 

Sebanyak 500 ton oksigen dikirim ke Pulau Jawa secara bertahap.

Pengiriman dimulai dari lokasi PT RAPP di Pangkalan Kerinci pada Jumat, 9 Juli 2021 dan tiba di Jakarta pada Minggu, 11 Juli 2021. 

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas