Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Penanganan Covid

Cara Pintar Isolasi Mandiri Saat Terpapar Covid-19 Bagi yang Bergejala Ringan dan Sedang

Isolasi mandiri dengan cara yang tepat merupakan solusi terkini yang disarankan sebagai solusi guna mengatasi polemik kehabisan tempat layanan RS

Cara Pintar Isolasi Mandiri Saat Terpapar Covid-19 Bagi yang Bergejala Ringan dan Sedang
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
DISTRIBUSI MAKANAN BERGIZI - Kecamatan Ciledug menyalurkan makanan siap saji kepada warga yang bermukim di 8 kelurahan setempat yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman), Kamis (15/7/2021). Bantuan dari para dermawan ini diharapkan bisa memenuhi kebutuhan gizi warga di tengah masa pandemi Covid-19. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

TRIBUNNEWS.COM, MANADO -  Tidak perlu panik jika terpapar virus covid dan kehabisan tempat rawat inap di rumah sakit khusus penanganan Pandemi Covid-19.

Terpapar corona dengan gejala ringan dan sedang dapat disembuhkan melalui skema isolasi mandiri atau Isoman di rumah dengan beberapa langkah mudah namun harus konsisten diterapkan.

Isolasi mandiri dengan cara yang tepat merupakan solusi terkini yang turut disarankan sebagai solusi guna mengatasi polemik kehabisan tempat layanan di rumah sakit akibat melonjaknya pasien yang terpapar virus Corona.

Hal ini dikatakan dr Jonathan Surentu dari Siloam Hospitals Manado berbagi tips sehat selama menjalankan program Isoman dalam program edukasi masyarakat berbasis online bertajuk The Smart Isoman, Jumat (16/7/2021).

1. Isoman sebaiknya khusus yang bergejala ringan dan sedang

Dikatakan Jonathan Surentu, Isoman mulai dilakukan saat PCR Test atau Hasil Swab Antigen diketahui positif dengan sejumlah gejala ringan dan  gejala sedang, misalnya batuk, pilek, sakit kepala atau tidak memiliki gejala sama sekali (Asimtomatik).

Baca juga: Isolasi Mandiri di Rumah, Pasien Covid-19 Usia 70 Tahun Meninggal Dunia, Menolak Dirawat di RS

2. Ventilasi baik dan dilengkapi peralatan medis

"Sebaiknya isoman dilakukan di lingkungan rumah atau di kamar yang memiliki ventilasi udara yang cukup baik.

Setelah itu siapkan sejumlah peralatan medis pun obat dan vitamin," tutur dr Jonathan Surentu.

Dijelaskannya, bebarapa alat medis dasar yang perlu disiapkan antara lain masker medis, thermometer (pengukur suhu badan), Oxymeter (pengukur saturasi Oksigen), obat-obatan (paracetamol 3x500 mg bila demam/nyeri, Vitamin C 3x500 mg, Vitamin D 400-1000 IU, Multivitamin, dan obat-obatan yang direkomendasikan dokter.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas