Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Idul Adha 2021

Potong Ratusan Hewan Kurban, Polda Metro Jaya Libatkan UMKM untuk Masak 8 Ton Daging

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan, hewan kurban tersebut dibeli oleh jajarannya melalui uang patungan yang diberi nama 'celengan kur

Potong Ratusan Hewan Kurban, Polda Metro Jaya Libatkan UMKM untuk Masak 8 Ton Daging
SERAMBI INDONESIA/SERAMBI INDONESIA/HENDRI
BAGIKAN DAGING QURBAN DI DESA- Warga memotong daging kurban sebelum dibagikan kepada masyarakat di desa Lamsie, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar, Sabtu (1/8/2020). Pemotongan hewan kurban pada hari kedua Idul Adha berlangsung di sejumlah masjid dan meunasah serta di rumah-rumah warga di Aceh. SERAMBI/HENDRI 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Turut merayakan hari raya Idul Adha 1442 H, jajaran Polda Metro Jaya menyembelih ratusan hewan kurban sapi dan kambing.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan, hewan kurban tersebut dibeli oleh jajarannya melalui uang patungan yang diberi nama 'celengan kurban'.

"Dari hasil celengan kurban itu kami bisa membeli 353 sapi dan 500an ekor kambing dari semua jajaran (Polda Metro Jaya dan Polres)," kata Kapolda Irjen Fadil Imran kepada awak media, Selasa (20/7/2021).

Tak hanya itu, daging tersebut juga akan diberikan kepada para penerima manfaat yang di antaranya panti asuhan dan majelis taklim hingga masyarakat yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Pihaknya juga kata Fadil, akan melibatkan UMKM rumah makan untuk mengolah daging tersebut. Setidaknya ada 8 ton daging yang akan dimasak menjadi rendang.

"Di hari yang sama hari ini di Polda metro jaya kita memasak kemarin 7 ton ada lagi tambahan hari ini 8 ton kita masak kita potong jadi rendang," ucap Fadil.

"Mereka ini ada sembilan yang memasak, 10 dengan yang ada di Polda. Jadi ada 10 titik restoran Padang yang menengah kebawah kita ajak memasak," sambungnya.

Baca juga: Kapolda Metro Jaya Pastikan Tadi Malam Tak Ada Takbir Keliling di DKI

Nantinya dari 8 ton daging yang diolah tersebut akan dibuatkan paket, di mana dalam paket tersebut masyarakat yang dinilai membutuhkan akan mendapatkan 800 gram daging rendang.

Bukan hanya itu mantan Kapolda Jawa Tengah itu juga mengatakan paket tersebut akan diisikan beras sebanyak 5kg.

"Masyarakat kami kasih rendang, kami kasih beras mudah-mudahan ini juga bermanfaat buat yang isoman, nanti akan dibagikan oleh anggota dari pintu ke pintu agar menghindarkan dari kerumunan," ucap Fadil.

Kata dia, diperkirakan akan ada 10 ribuan paket yang akan diserahkan jajaran Polda Metro Jaya hasil dari celengan kurban ini.

Untuk menyalurkan paket tersebut, Fadil menyebut akan melibatkan peran Bhabinkamtibmas agar pembagiannya merata.

"Nanti kami distribusikan yang pertama pada masyarakat yang berhak, tidak mampu, yang kedua kepada mereka yang isoman, jadi saya berharap mereka akan mendapatkan asupan protein dan vitamin yang bertahan lama," tukasnya.

Penulis: Rizki Sandi Saputra
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas