Tribun

Virus Corona

Epidemiolog: PPKM Harus Dipantau Ketat

Menurut Iwan, PPKM di Jawa-Bali berhasil menurunkan penularan Covid-19 secara signifikan. Namun, dia melihat efek PPKM masih kecil di luar Jawa Bali.

Editor: Malvyandie Haryadi
Epidemiolog: PPKM Harus Dipantau Ketat
Shutterstock
Ilustrasi Situasi PPKM di Provinsi Jateng. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Willy Widianto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Epidemiolog dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Iwan Ariawan menilai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) harus dilaksanakan dan dipantau ketat sesuai indikatornya.

Kemudian, disertai peningkatan cakupan protokol kesehatan, 3T (testing, tracing, dan treatment), dan vaksinasi.

Kalau itu berjalan, menurut Iwan, kasus Covid-19 akan semakin berkurang dan bahkan terkendali.

"PPKM akan selalu ada sampai wabah terkendali. Level PPKM bisa naik, tetap atau turun, sesuai indikatornya. Jika PPKM dilaksanakan dan dipantau ketat sesuai indikatornya, disertai peningkatan cakupan prokes, 3T dan vaksinasi, kasus akan semakin berkurang dan menuju wabah terkendali," kata Iwan Ariawan dalam pernyataannya, Rabu(18/8/2021).

Menurut Iwan, PPKM di Jawa-Bali berhasil menurunkan penularan Covid-19 secara signifikan. Namun, dia melihat efek PPKM masih kecil di luar Jawa Bali.

Baca juga: Polda Jateng Ambil Langkah Antisipatif Sikapi Beredarnya Selebaran Kritik Soal Perpanjangan PPKM

Per Senin, 16 Agustus 2021 pemerintah mengizinkan kapasitas mal naik  dari 25% menjadi 50%. Kemudian, aktivitas di rumah ibadah naik menjadi 50%.

Lalu, bekerja di kantor bisa 100% dengan syarat ketat. Terkait pelonggaran tersebut, Iwan menyarankan prosedur yang sudah dibuat harus dilaksanakan secara konsisten.

"Perlu pemantauan apakah pelonggaran ini menyebabkan terjadinya peningkatan kasus Covid-19 pada pengunjung tempat-tempat tersebut atau tidak," ujar Iwan.

Jika ada indikasi prosedur tidak dilaksanakan secara konsisten atau menjadi sumber penularan, maka perlu pengetatan kembali. Bahkan penutupan tempat-tempat tersebut.

Halaman
12
Ikuti kami di
Klub
D
M
S
K
GM
GK
-/+
P
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas