Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Satgas Catat 57 Kasus Covid-19 di Penyelenggaraan PON Papua

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 wilayah Papua mencatat tambahan 7 kasus baru pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua

Satgas Catat 57 Kasus Covid-19 di Penyelenggaraan PON Papua
Tribunnews/JEPRIMA
Tenaga Kesehatan menunjukkan vaksin sinovac di gerai vaksin venue angkat besi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Gedung Auditorium Universitas Cendrawasih, Jayapura, Papua, Jumat (8/10/2021). Hadirnya gerai vaksin Covid-19 di ajang PON diharapkan mampu meningkatkan capaian penerimaan vaksinasi sehingga masyarakat di Bumi Cendrawasih dapat terlindung dari Covid-19 dengan lebih optimal. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 wilayah Papua mencatat tambahan 7 kasus baru pada penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Ini menambah total kasus covid-19 menjadi 57 kasus pada acara yang berlangsung tanggal  2 hingga 15 Oktober 2021 mendatang tersebut.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Satgas Covid-19 Papua, Silwanus Sumule secara daring, Jumat (8/10/2021).

“Tadi malam jam 20.30 itu jumlah kasus kita sebanyak 50. Ada tambahan 7 kasus baru itu dari Merauke. Jadi total kasus kita untuk jam 11.30 waktu Papua sebanyak 57 kasus,” ujarnya.

Silwanus mengatakan semua kasus tersebut tanpa gejala atau gejala ringan.

Menurutnya ini salah satu dampak karena cakupan vaksinasi yang baik dan menjangkau masyarakat.

Baca juga: Update Kasus Positif Corona di PON XX, Satgas Covid-19 Papua Sebut Jumat Pagi Ada 57 Orang Terpapar

Selain itu, kolaborasi antar sektor, mulai dari hulu hingga hilir menjadi faktor lain untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut.

Pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah fasilitas kesehatan jika mendapat permasalahan di hulu.

Satgas Covid-19 Papua sebelumnya membagi penyelenggaraan PON XX Papua dalam 3 kondisi besar, yakni sebelum pembukaan, pembukaan dan pasca pembukaan.

Silwanus mengakui kelalaian protokol kesehatan pada saat pembukaan karena euphoria masyarakat yang antusias dengan pesta olahraga nasional yang sudah lama ditunggu itu.

Namun selanjutnya, ia berkomitmen untuk mencegah adanya kasus-kasus baru di waktu yang akan datang selama penyelenggaraan PON.

“Kalaupun ada, kasusnya ringan dan tanpa gejala. Yang kami bisa pastikan bahwa kalaupun ada atlet yang terkena Covid-19, Satgas, Pemprov Papua, PB PON memastikan bahwa mereka mendapat pelayanan terbaik dan memastikan semua akan berjalan dengan baik,” ujarnya.
 

Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas