Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Virus Corona

Jubir Vaksinasi Covid-19 Sebut Ada Empat Tantangan Vaksinasi Lansia

Untuk mendorong percepatan vaksinasi lansia, salah satu strategi pemerintah untuk itu adalah mengaitkan capaian lansia dengan status PPKM suatu daerah

Jubir Vaksinasi Covid-19 Sebut Ada Empat Tantangan Vaksinasi Lansia
Tribunnews/Irwan Rismawan
Lansia mengikuti vaksinasi Covid-19 di Lippo Mall Kemang, Jakarta, Senin (12/4/2021). Program vaksinasi Covid-19 ini adalah wujud komitmen Lippo Malls Indonesia dalam mendukung Pemerintah merealisasikan target 1 juta vaksin per hari melalui Gerakan Bersama Sukseskan Program Vaksinasi Nasional. Tribunnews/Irwan Rismawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah terus menggencarkan pemerataan vaksinasi bagi kelompok lanjut usia (lansia).

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi  mengatakan, saat ini tantangan vaksinasi lansia di antaranya adalah mobilitas, yakni keterbatasan fisik dan biaya transportasi.

"Harus diupayakan adanya kemudahan akses layanan vaksinasi bagi mereka," kata Nadia saat webinar 

Kendala lainnya adalah mengenai informasi yang keliru tentang vaksinasi.

"Dalam hal ini, diharapkan peran serta berbagai pihak termasuk para tokoh agama dan masyarakat dalam membantu memberikan sosialisasi dan edukasi kepada para lansia," katanya.

Pemerintah sendiri memastikan ketersediaan vaksin dan distribusi cepat ke berbagai lokasi dan mengimbau masyarakat turut mendukung program ini guna mengoptimalkan perlindungan kesehatan lansia dari Covid-19.

Baca juga: Update Covid-19 Indonesia: Jumlah Kasus Aktif 25.159, Vaksinasi Dosis 1 Diterima 99 Juta Orang

"Masyarakat dapat membantu lansia mengakses lokasi vaksinasi, mengawal kesehatan mereka, serta menghindarkan para lansia dari paparan informasi yang tidak benar terkait vaksinasi," katanya.

Data 7 September 2021, dari 21.553.118 orang target vaksinasi lansia, tercatat 31,71% telah mendapatkan suntikan dosis pertama dan 20,97% telah divaksin lengkap.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksinasi lansia telah dilaksanakan sejak pertengahan Maret setelah vaksinasi untuk tenaga kesehatan dan petugas publik.

Ia menegaskan,  kelompok lansia tetap menjadi prioritas vaksinasi COVID-19.

Halaman
12
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas