Tribun

Virus Corona

Jusuf Kalla : Penanganan Covid-19 Butuh Partisipasi Banyak Pihak Secara Jangka Panjang

Kementerian Kesehatan RI menilai dukungan pada infrastruktur kesehatan merupakan strategi percepatan pemulihan pandemi Covid-19 yang sangat tepat

Editor: Eko Sutriyanto
zoom-in Jusuf Kalla : Penanganan Covid-19 Butuh Partisipasi Banyak Pihak Secara Jangka Panjang
istimewa
Ketua Umum PMI Pusat Muhammad Jusuf Kalla 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat ini kondisi penanganan pandemi COVID-19 telah menunjukkan perbaikan yang signifikan.

Setiap pemangku kepentingan, khususnya di sektor kesehatan berhasil menurunkan angka positivity rate harian di bawah standar dunia.

Tak hanya itu, tren peningkatan kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia juga terus memperlihatkan situasi yang membahagiakan.

Kondisi penanganan pandemi Covid-19 yang terus membaik kemudian memunculkan himbauan masyarakat dari Pemerintah Indonesia untuk hidup berdampingan dengan virus.

Baca juga: BREAKING NEWS Update Corona Indonesia 29 Oktober 2021: Ada 683 Tambahan Kasus, 28 Pasien Meninggal

Di samping itu juga memunculkan transisi dari pandemi ke endemi dengan kesiapan infrastruktur kesehatan yang lebih matang yang tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah.

Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI), Jusuf Kalla mengatakan, untuk menangani pandemi  Covid-19 membutuhkan partisipasi dari beragam pihak melalui solusi jangka panjang.

Srinivasan Appan, General Manager Reckitt Indonesia dan Ketua Umum PMI Jusuf Kalla
Srinivasan Appan, General Manager Reckitt Indonesia dan Ketua Umum PMI Pusat Jusuf Kalla 

"Salah satunya, dengan menyediakan akses konsisten bagi masyarakat kepada solusi sanitasi dan kebersihan," kata Jusuf Kalla saat penyerahan bantuan dari Reckitt Indonesia di Jakarta belum lama ini.

Jusuf Kalla berharap dengan adanya donasi dan diseminasi paket kebersihan Dettol dan Harpic dari Reckitt, masyarakat Indonesia dapat waspada menerapkan protokol kesehatan dan mengaplikasikan perilaku hidup bersih dan sehat, salah satunya mencuci tangan.

Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Eka Jusup Singka pemerintah percaya bahwa dukungan pada infrastruktur kesehatan merupakan strategi percepatan pemulihan pandemi Covid-19 yang sangat tepat.

"Hal ini akan selalu beriringan dengan kegiatan Tracing, Testing, Treatment yang akan terus kami percepat.

Selain itu, sangat penting bagi masyarakat Indonesia untuk terus menerapkan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

Srinivasan Appan, General Manager Reckitt Indonesia, menyatakansebagai perusahaan yang terus berusaha memberikan dampak positif melalui kolaborasi lintas pemangku kepentingan, kami berkomitmen untuk melindungi, menyembuhkan, dan bersama – sama menciptakan dunia yang lebih sehat dan lebih bersih.

"Kolaborasi bersama Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Palang Merah Indonesia, kami dapat mempercepat pemulihan pandemi Covid-19 sekaligus menyiapkan infrastruktur kesehatan dalam transisi status pandemi melalui program donasi ini,” katanya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas