Tribun

Virus Corona

Penelitian di India: Golongan Darah A, B, dan Rhesus Positif 'Lebih Rentan' Terinfeksi Covid-19

Penelitian yang dilakukan oleh sebuah rumah sakit di India menemukan bahwa orang dengan golongan darah A, B, dan Rhesus positif.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Wahyu Aji
Penelitian di India: Golongan Darah A, B, dan Rhesus Positif 'Lebih Rentan' Terinfeksi Covid-19
TippaPatt/news-medical
Ilustrasi golongan darah 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, NEW DELHI - Penelitian yang dilakukan oleh sebuah rumah sakit di India menemukan bahwa orang dengan golongan darah A, B, dan Rhesus positif (Rh+) 'lebih rentan' terinfeksi virus corona (Covid-19).

Sedangkan mereka yang memiliki golongan darah O, AB, dan Rhesus negatif (Rh-) kurang rentan terhadap penyakit yang disebabkan virus SARS-Cov-2 itu.

Meskipun mengklaim orang dengan golongan darah tertentu lebih rentan terinfeksi Covid-19, penelitian tersebut menambahkan bahwa 'tidak ada hubungannya' antara golongan darah dan 'kerentanan terhadap keparahan penyakit serta kematian'.

Dikutip dari laman Sputnik News, Rabu (1/12/2021), penelitian ini dilakukan oleh Departemen Penelitian dan Pengobatan Transfusi Darah di Rumah Sakit Sir Ganga Ram di New Delhi, India.

Selama masa penelitian, sebanyak 2.586 pasien positif Covid-19 telah diuji melalui tes Polymerase Chain Reaction (PCR) pada 8 April hingga 4 Oktober 2020.

Penelitian ini diterbitkan dalam 'Frontiers in Cellular and Infection Microbiology' edisi 21 November 2021, sebuah jurnal peer-review berbasis di Swiss yang menerbitkan penelitian tentang 'mikroorganisme patogen dan interaksinya dengan inangnya'.

Baca juga: Inggris Luncurkan Penelitian Kasus Pembekuan Darah Langka pada Mereka yang Divaksinasi

Para dokter yang terlibat dalam penelitian ini kemudian mengklaim bahwa 'pasien laki-laki yang memiliki golongan darah B lebih rentan terhadap Covid-19 dibandingkan pasien perempuan dengan golongan darah yang sama'.

"Penelitian kami juga menemukan bahwa golongan darah A dan Rh+ dikaitkan dengan penurunan masa pemulihan, sedangkan golongan darah O dan Rh- dikaitkan dengan peningkatan masa pemulihan," kata rekan penulis dan Kepala Departemen Transfusi Darah di Rumah Sakit Sir Ganga Ram, Dr Vivek Ranjan.

Namun, kata dia, golongan darah A, B, O atau Rh kemungkinan tidak bertanggung jawab pada hubungan ini.

Halaman
12
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas