Tribun

Virus Corona

WHO Prediksi Adanya Peningkatan Kasus Rawat Inap dan Kematian Akibat Omicron

WHO memprediksi adanya peningkatan jumlah kasus rawat inap dan kematian terkait varian baru virus corona (Covid-19) Omicron.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Daryono
zoom-in WHO Prediksi Adanya Peningkatan Kasus Rawat Inap dan Kematian Akibat Omicron
Frederic J. BROWN / AFP
Awak pesawat dari Air China tiba dengan pakaian hazmat di terminal internasional di Bandara Internasional Los Angeles pada 3 Desember 2021, saat Los Angeles County melaporkan kasus pertama varian Covid-19 baru, omicron. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi adanya peningkatan jumlah kasus rawat inap dan kematian terkait varian baru virus corona (Covid-19) Omicron.

"Karena jumlah kasus yang terkait dengan varian yang menjadi perhatian ini meningkat secara global, kami memperkirakan jumlah kasus rawat inap dan bahkan kematian akan segera dilaporkan," kata WHO dalam sebuah pernyataan.

Dikutip dari laman Sputnik News, Selasa (14/12/2021), pada Senin kemarin, Badan Keamanan Kesehatan Inggris telah mengkonfirmasi kematian pertama terkait Omicron.

Baca juga: WHO Sebut Omicron Menyebar Lebih Cepat dan Sangat Mengurangi Kemanjuran Vaksin

Saat ini banyak negara yang masih belum memiliki kapasitas untuk secara konsisten menganalisis semua kasus atau kematian terkait Covid-19.

"Sehingga mungkin sulit untuk memberikan informasi yang akurat tentang kematian terkait dengan varian tertentu," jelas WHO.

Lembaga tersebut pun berharap akan ada informasi lebih lanjut terkait tingkat keparahan varian Omicron dalam beberapa minggu mendatang.

"Informasi lebih lanjut diperlukan untuk sepenuhnya memahami gambaran klinis dari mereka yang terinfeksi Omicron, dan WHO mendorong negara-negara untuk berkontribusi dalam pengumpulan dan berbagi data pasien rawat inap melalui Platform Data Klinis WHO Covid-19," tegas WHO.(*)

berita POPULER
© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas