Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Kawal Transisi Pandemi Menuju Endemi, Binda DIY Berkolaborasi Geber Vaksinasi Covid-19

Badan Intelijen Negara Daerah Yogyakarta (Binda DIY) menggandeng tokoh masyarakat, aparat pemerintah daerah, dan organisasi kemasyarakatan

Penulis: Adi Suhendi
Editor: Wahyu Aji
zoom-in Kawal Transisi Pandemi Menuju Endemi, Binda DIY Berkolaborasi Geber Vaksinasi Covid-19
ist
Binda DIY menggelar vaksinasi massal dalam rangka mengawal transisi pandemi menuju endemi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Intelijen Negara Daerah Yogyakarta (Binda DIY) menggandeng tokoh masyarakat, aparat pemerintah daerah, dan organisasi kemasyarakatan, untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat jelang Ramadan dan Lebaran 2022.

Di wilayah Gunungkidul, gerai-gerai vaksinasi hasil kolaborasi mampu melayani 4.000 warga untuk mendapatkan vaksin dosis primer serta booster.

Perwakilan Binda DIY di Gunungkidul, Eko Susilo mengatakan, vaksinasi dosis booster sudah menjadi kebutuhan agar kekebalan masyarakat lebih tinggi sehingga cukup aman untuk menjalani aktivitas sosial ekonomi yang kini berangsur pulih.




Terlebih sekarang dosis booster juga  telah dijadikan syarat bagi masyarakat yang hendak melakukan mudik lebaran.

“Pemerintah telah mensyaratkan booster bagi masyarakat yang ingin beribadah secara maksimal di bulan Ramadan. Juga mereka yang hampir tiga tahun tidak bisa mudik. Seharusnya ini menjadi peluang baik untuk dirayakan," kata Eko dalam keterangan dikutip Selasa (29/3/2022).

Eko melanjutkan, akselerasi vaksinasi baik dosis primer maupun booster merupakan bagian dari prakondisi masyarakat memasuki masa transisi dari pandemi menuju endemi. 

Meski sejauh ini selalu mendapatkan respons yang baik, pihaknya belum mengaku puas. 

BERITA TERKAIT

Capaian dan cakupan vaksinasi harus terus ditingkatkan, karena dibanding rasio nasional, total capaian vaksinasi booster di Kabupaten Gunungkidul masih terbilang rendah.

“Untuk vaksinasi kebangsaan, yang sudah digelar empat kali, yaitu tanggal 18, 23, 25 dan 28 Maret 2022 di Pura Bendo, dengan sasaran khusus dan dimobilisasi menyasar 4.000 umat beragama, ternyata belum cukup signifikan dalam meningkatkan capaian dan cakupan vaksinasi booster di Gunungkidul,” katanya.

“Kendati sudah terus grilya di semua wilayah, juga mendorong berbagai komunitas, capaian dan cakupan vaksinasi booster per hari ini masih jauh dari harapan. Karenanya, kami akan terus meggandeng siapa saja di waktu yang tersisa. Termasuk selama Ramadan nanti," lanjut Eko.

Baca juga: Cegah Omicron Siluman, Binda Kalteng Genjot Vaksinasi Covid-19 Jelang Ramadan

Selain di Gunungkidul, Binda DIY menggelar vaksinasi di Kabupaten Kulon Progo tepatnya di Balai Desa Kalurahan Tawangsari yang menargetkam 1.000 orang. 

Untuk sasarannya ialah masyarakat umum, anak usia 6-11 tahun, hingga Lansia.

“Dengan adanya akselerasi vaksinasi diharapkan percepatan capaian herd immunity dapat segera terwujud jelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Sehingga masyarakat dapat melaksanakan mudik dengan aman dan nyaman berkumpul dengan keluarga serta dalam melaksanakan ibadah,” kata Koordinator Vaksinasi Kulon Progo Binda DIY, Wury Atmaja.

Wury menyebut dalam kegiatan vaksinasi massal ini, Binda DIY bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kulon Progo dan Polres Kulon Progo.

Menurutnya, vaksinasi merupakan cara yang paling efektif dan efisien untuk membentuk kekebalan komunal (herd immunity).

“Serta menjadi indikator dalam menyongsong era transisi dari pandemi menuju endemi,” katanya.

Binda DIY akan terus melaksanakan vaksinasi massal guna mewujudkan kekebalan komunal atau herd immunity.

Baca juga: Akselerasi Vaksinasi Anak, Binda Sulbar Beri Bonus Buku Tulis dan Minyak Goreng

Tujuannya agar kehidupan masyarakat dapat berjalan secara normal seperti sebelumnya. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas