Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Angka Ketidakpatuhan Terhadap Prokes Cukup Tinggi, Pemerintah Ingatkan Potensi Peningkatan Kasus

Tak sedikit masyarakat terpantau belum mematuhi protokol kesehatan selama cuti bersama dalam rangka perayaan Lebaran 2022.

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Willem Jonata
zoom-in Angka Ketidakpatuhan Terhadap Prokes Cukup Tinggi, Pemerintah Ingatkan Potensi Peningkatan Kasus
Tribunnews/JEPRIMA
Petugas mensosialisasikan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan membawa poster yang bertuliskan pakai masker pada ajang Jakarta Auto Week di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat, Senin, (14/3/2022). Gelaran berlangsung pada 12-20 Maret 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Pameran JAW diikuti sejumlah merek otomotif, diantaranya Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling. Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi mengungkapkan pameran otomotif Jakarta Auto Week 2022 ditujukan untuk semakin menggairahkan penjualan kendaraan di Indonesia. Mulai dari relaksasi PPnBM, potongan down payment, bunga 0%, gratis biaya servis berkala, pemasangan kaca film, lucky dip, hingga hadiah langsung akan diberikan setiap pembelian mobil di ajang Jakarta Auto Week. Untuk pengunjung, pihaknya berharap pameran JAW mampu menyedot 24 ribu pengunjung per hari atau 180 ribu pengunjung secara keseluruhan. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tak sedikit masyarakat terpantau belum mematuhi protokol kesehatan selama cuti bersama dalam rangka perayaan Lebaran 2022.

Padahal, pandemi covid-19 sepenuhnya belum berakhir di Indonesia. Dengan kata lain masih ada kemungkinan lonjakan kasus apabila tak disiplin menjalankan protokol kesehatan.




Pada 24 -30 April dan 1-7 Mei 2022, terjadi kenaikan orang yang dipantau dan ditegur di tempat wisata sebesar lebih dua kali lipat. 

Baca juga: Update Covid-19 Global 11 Mei 2022: Total Infeksi Covid-19 518,4 Juta Kasus, Total Pulih 473,2 Juta

Baca juga: Pandemi Covid-19 Pasca Lebaran: Kasus Mingguan di Semua Provinsi Turun

"Angka kepatuhan selama Cuti bersama dari 27 provinsi, diketahui masih terdapat 49,5 persen masyarakat tidak patuh memakai masker di area restoran dan kedai," ungkap Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito pada konferensi pers virtual, Selasa (10/5/2022).

Sedangkan di area pemukiman, sebanyak 22,1 persen masyarakat tidak patuh pada prokes.

Padahal mobilitas masyarakat yang keluar rumah saat libur lebaran 2022 terjadi sebesar 48,1 persen.

BERITA TERKAIT

Cukup besar jika dibandingkan dengan mobilitas lebaran tahun sebelumnya yaitu 3,64 persen. Hal ini terjadi peningkatan mobilitas cukup tinggi yaitu 44,46 persen. 

Terjadi mobilitas tinggi saat lebaran tahun ini memang memberikan dampak positif terhadap perekonomian dengan meningkatnya indeks belanja mandiri sekitar 31 persen.

"Namun perlu kita sadar meningkat mobilitas bisa berdampak pada peningkatan kasus. Sehingga saya mengimbau pada masyarakat terus menerapkan prokes," tegasnya.

Di antaranya seperti memakai masker, menjaga jarak relatif aman dan mencuci tangan. Semua hal ini sangat diperlukan pasca lebaran ini untuk meminimalisir efek penularan Covid-19.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas