Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Masker dan Vaksin Covid-19 Masih Jadi Senjata Efektif Hadapi Pandemi

akar Epidemiologi Griffith University Dicky Budiman menyebutkan jika masker adalah senjata atau alat perlindungan menghadapi pandemi.

Penulis: Aisyah Nursyamsi
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Masker dan Vaksin Covid-19 Masih Jadi Senjata Efektif Hadapi Pandemi
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin boster kepada warga saat acara Vaksinasi Merdeka Booster di Grha Asuransi Astra, Jakarta, Sabtu (23/4/2022). Asuransi Astra bekerja sama dengan Ditbinmas Polda Metro Jaya mendukung percepatan vaksinasi booster dengan menyediakan 500 vaksin booster untuk karyawan, keluarga karyawan, hingga masyarakat umum yang akan mudik lebaran. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pakar Epidemiologi Griffith University Dicky Budiman menyebutkan jika masker adalah senjata atau alat perlindungan.

Tidak hanya menghadapi Covid-19, tapi juga berbagai macam wabah. Apa lagi saat ini status masih pandemi covid-19. Maka penggunaan masker menjadi satu hal penting yang harus dilakukan.

Warga memakai masker saat berada di jalur pedestrian Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (18/5/2022). Sejumlah warga menyambut baik kebijakan pemerintah yang memperbolehkan masyarakat beraktivitas di luar ruangan tanpa masker. Meski demikian, mereka mengaku akan tetap mengenakan masker saat beraktivitas di luar ruangan karena masih khawatir dengan paparan Covid-19. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Warga memakai masker saat berada di jalur pedestrian Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (18/5/2022). Sejumlah warga menyambut baik kebijakan pemerintah yang memperbolehkan masyarakat beraktivitas di luar ruangan tanpa masker. Meski demikian, mereka mengaku akan tetap mengenakan masker saat beraktivitas di luar ruangan karena masih khawatir dengan paparan Covid-19. Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha (Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha)

"Karena masker dan vaksin menjadi dua kombinasi yang efektif. Menekan penyebaran Covid-19. Terbukti dalam dua tahun pandemi terakhir ini," ungkapnya pada Tribunnews, Senin (23/5/2022).

Baca juga: Kejar Pemerataan Vaksinasi Covid-19 di Papua Barat, BIN Terjun Hingga Pelosok

Penggunaan masker dalam dua tahun ini menunjukkan kasus infeksi yang menular melalui saluran pernapasan semakin berkurang di tengah masyarakat.

Sehingga manfaat penggunaan masker bukan hanya dari Covid-19 saja. Tapi juga penyakit lain yang ditularkan melalui udara. Karena masker mengurangi potensi paparan penyebab penyakit yang ada di udara.

Baca juga: Boleh Tak Pakai Masker di Luar Ruangan, Ini Trik Menjaga Kulit Wajah Agar Tetap Sehat

"Nah artinya, kalau disebut saat ini Indonesia melepas masker, jangankan Indonesia. Negara maju dunia pun belum. Karena kita masih status pandemi," tegasnya.

BERITA REKOMENDASI

Dicky sebagai peneliti Global Health Security, epidemiologi sekaligus ahli kesehatan pengguna melihat masker menjadi sangat penting.

Karena sekali lagi, menurutnya, status vaksin, serta imunitas bukanlah satu-satunya upaya menuju transisi. Harus ada kombinasi dengan strategi lainnya.

Antara lain seperti penggunaan masker, cuci tangan, perilaku hidup sehat dan protokol kesehatan lainnya. Baik pada kelompok rentan maupun masyarakat umum punya risiko yang sama.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas