Tribun

Virus Corona

Jokowi Instruksikan Vaksinasi Covid-19 Lanjutan Bagi Masyarakat yang Imunitasnya Rendah

Jokowi menginstruksikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk melakukan vaksinasi Covid-19 lanjutan pada akhir tahun ini.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Adi Suhendi
zoom-in Jokowi Instruksikan Vaksinasi Covid-19 Lanjutan Bagi Masyarakat yang Imunitasnya Rendah
Tribunnews.com/ Taufik Ismail
Menkes Budi Gunadi Sadikin di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, usai rapat terbatas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Selasa (23/8/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginstruksikan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin untuk melakukan vaksinasi Covid-19 lanjutan pada akhir tahun ini.

Hal itu disampaikan Menkes di Istana Kepresidenan, Jakarta usai rapat terbatas Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Selasa, (23/8/2022).

"Arahan Bapak Presiden nanti rencananya di akhir tahun kita akan melakukan vaksinasi, terutama diarahkan bagi golongan yang memang imunitasnya rendah," kata Menkes.

Pemberian vaksinasi lanjutan tersebut untuk mengantisipasi munculnya varian baru Covid-19 setelah tingginya kasus konfirmasi positif di sejumlah negara seperti Jepang, Eropa, dan Amerika.

Dengan pemberian vaksinasi lanjutan diharapkan masyarakat memiliki imunitas tinggi apabila varian baru Covid-19 muncul.

Baca juga: BREAKING NEWS Update Covid-19 Indonesia Selasa, 23 Agustus 2022: Tambah 4.858 Kasus, 24 Meninggal

"Pasti akan timbul varian baru karena ada kasus konfirmasi segitu. Itu membuat Indonesia harus siap-siap dengan adanya sub varian baru di Eropa, sub varian baru di Amerika karena kasus konfirmasi yang tinggi," katanya.

Terkait rencana tersebut, pemerintah akan melakukan sero survei pada November nanti.

Survei dilakukan untuk mendata daerah yang imunitas masyarakatnya rendah dan berisiko tinggi tertular Covid-19.

Baca juga: Covid-19 Terkendali, Pemerintah Berlakukan PPKM Level 1 di Seluruh Wilayah Indonesia

"November akan sero survey lagi daerah mana yang imunitasnya sudah turun, lalu orang mana yang berisiko tinggi. Nanti itu yang kita berikan vaksinasi agar bisa meningkatkan mempersiapkan memperbaiki kadar imunitas masyarakat tersebut," katanya.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas