Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Ahli Patologi Soroti Klasifikasi Kematian yang Dipicu Covid-19 yang Ditetapkan China

Dunia internasional khawatir dan ragu atas angka kematian akibat virus corona (Covid-19) di China yang dinilai sangat rendah menurut standar global.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Ahli Patologi Soroti Klasifikasi Kematian yang Dipicu Covid-19 yang Ditetapkan China
Freepik
Ilustrasi pandemi global akibat Covid-19. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING - Saat ini dunia internasional khawatir dan ragu atas angka kematian akibat virus corona (Covid-19) di China yang dinilai sangat rendah menurut standar global.

Perlu diketahui, Komisi Kesehatan Nasional negara itu pada Selasa lalu mengklarifikasi bahwa 'hanya orang yang kematiannya disebabkan oleh pneumonia dan gagal nafas setelah tertular virus' yang diklasifikasikan sebagai kematian akibat Covid-19.

Baca juga: WHO: Lonjakan Kasus Covid-19 di China Bisa Picu Pandemi Global Lagi

Dikutip dari laman Channel News Asia, Kamis (22/12/2022), Asisten Profesor Patologi di Universitas Johns Hopkins, Benjamin Mazer mengatakan bahwa klasifikasi ini akan melewatkan 'banyak kasus',.

Disoroti kasus yang dimaksud terutama karena orang yang divaksinasi, termasuk dengan suntikan China, cenderung meninggal karena pneumonia.

Gumpalan darah dan sepsis, respons tubuh yang ekstrem terhadap infeksi telah menyebabkan kematian yang tak terhitung jumlahnya diantara pasien Covid-19 di seluruh dunia.

"Tidak masuk akal untuk menerapkan pola pikir Maret 2020 semacam ini, di mana hanya pneumonia Covid yang dapat membunuh anda, padahal kita tahu bahwa di era pasca-vaksin, ada berbagai macam komplikasi medis," kata Mazer.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas