Tribun

Penting Bagi Masyarakat, LaNyalla Minta Pemda Respon Cepat Keluhan Jalan Rusak

LaNyalla berharap Pemda tidak lalai menyikapi permasalahan jalan rusak yang nantinya bisa membahayakan bagi pengguna jalan dan bertambah parah

Editor: Content Writer
zoom-in Penting Bagi Masyarakat, LaNyalla Minta Pemda Respon Cepat Keluhan Jalan Rusak
DPD RI
Ketua DPD RI LaNyalla Mattalitti 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, meminta pemerintah responsif terhadap keluhan masyarakat terkait kerusakan jalan.

Hal ini disampaikan LaNyalla menanggapi protes warga Kediri, Jawa Timur, yang menanam pohon tebu dan pisang serta memasang orang-orangan mengenakan alat pelindung diri (APD) di lokasi jalan rusak.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk kekecewaan karena akses jalan yang tidak juga diperbaiki.

"Kita minta pemerintah daerah segera merespon protes masyarakat terkait kerusakan jalan yang belum juga diperbaiki. Pemda perlu sensitif dengan masalah yang dihadapi masyarakat karena akses jalan merupakan hal yang sangat penting," katanya, Minggu (3/4/2022).

Dia berharap Pemda tidak lalai menyikapi permasalahan tersebut. Sebab, perbaikan fasilitas umum berupa jalan seharusnya tidak menunggu hingga rusak parah. Selain nanti biaya yang diperlukan lebih besar, juga membahayakan bagi pengguna jalan.

"Peran jalan sangat vital, karena merupakan akses utama bagi masyarakat yang sangat berperan besar dalam menopang aktivitas ekonomi. Makanya sudah sewajarnya pembangunannya menjadi prioritas," ujar LaNyalla lagi.

Selain kegiatan ekonomi, akses jalan juga penting untuk kegiatan non ekonomi, seperti kesehatan dan pendidikan. Oleh karena itu protes masyarakat soal kerusakan jalan yang telah lama terjadi harus direspon cepat.

Ditambahkannya, perbaikan jalan yang dilakukan jika juga harus sesuai standar supaya kualitasnya bagus sehingga tahan lama.

"Tak boleh dikesampingkan juga soal pemeliharaan. Hal semacam ini juga perlu menjadi perhatian pemerintah daerah," tukas dia.(*)

Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas