Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Ibadah Haji 2019

Masjidil Haram Sudah Padat, Amirul Hajj Minta Jemaah Haji Indonesia Siapkan Diri Buat Wukuf

Semakin dekat dengan hari pelaksanaan hari Wukuf di Arafah, Masjidil Haram saat ini dalam kondisi penuh dengan jemaah haji dari berbagai negara.

Masjidil Haram Sudah Padat, Amirul Hajj Minta Jemaah Haji Indonesia Siapkan Diri Buat Wukuf
Tribunnews/Bahauddin R Baso/ MCH 2019
Amirul hajj yang juga Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin berdoa saat melakukan umrah wajib di Masjidil Haram, Kamis (1/8/2019) pukul 02.00 dini hari. Lukman beserta rombongan melakukan umrah wajib setelah mengunjungi jemaah haji Indonesia di Madinah. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Muhammad Husain Sanusi Dari Makkah

TRIBUNNEWS,COM, MAKKAH – Semakin dekat dengan hari pelaksanaan hari Wukuf di Arafah, Masjidil Haram saat ini dalam kondisi penuh dengan jemaah haji dari berbagai negara.

Nyaris tak sejengkalpun tanah di Masjidil Haram kosong, hampir semuanya diisi oleh jemaah haji yang setiap waktunya melakukan ibadah di Masjidil Haram terutama saat waktu salat rawatib.

“Ya tentu sekarang ini hampir seluruh jemaah haji tidak hanya Indonesia tapi seluruh dunia sudah berada di Mekkah tinggal beberapa saja yang masih berada di Madinah tapi sebagian besar sudah di Makkah jadi memang kepadatan Mekkah luar biasa,” kata Amirul Hajj, Lukman Hakim Saifuddin usai melaksanakan umrah wajib, Kamis (1/8/2019) dini hari Waktu Arab Saudi.

Baca: Sebentar Lagi Bebas & Rumah 3,5 M Terjual, Syaiful Jamil akan Balas Dendam dengan Rekan Sesama Artis

Baca: Simpan Tenaga Jelang Fase Puncak Haji, Jemaah Haji Diimbau Kurangi Aktivitas di Luar Gedung

Jamaah bersiap untuk melaksanakan ibadah Salat Jumat di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Jumat (26/7/2019). Jemaah tetap memenuhi Masjidil Haram meski cuaca di Makkah sedang pada puncak panas dengan suhu mencapai 48 derajat celsius. TRIBUNNEWS/HUSEIN SANUSI
Jamaah bersiap untuk melaksanakan ibadah Salat Jumat di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Jumat (26/7/2019). Jemaah tetap memenuhi Masjidil Haram meski cuaca di Makkah sedang pada puncak panas dengan suhu mencapai 48 derajat celsius. TRIBUNNEWS/HUSEIN SANUSI (TRIBUN/HUSEIN SANUSI)

Dengan kondisi Masjidil Haram yang sangat padat ini diimbau kepada semua jemaah haji Indonesia agar tidak memaksakan diri untuk selalu pergi ke Masjidil Haram untuk mempersiapkan diri wajib haji nanti saat wukuf di Arafah.

“Oleh karenanya saya mengimbau kepada jemaah haji Indonesia Indonesia untuk tidak terlalu memforsir ibadah umrah dan lain sebagainya karena kita harus benar-benar mempersiapkan diri untuk wukuf karena puncak haji adalah wukuf di Arafah,” ujar Lukman.

Lukman yang juga Menteri Agama Republik Indonesia meminta jemaah haji bisa mengukur kemampuan diri sendiri menjaga kesehatan dengan baik makan yang cukup istirahat yang cukup sehingga stamina bisa terjaga dengan baik pada saat puncak wukuf kemudian mabit di Muzdalifah di Mina bisa dilakukan dengan sempurna.

Mengenai kapan pelaksanaan wukuf di Arafah? Kementerian Agama baru akan melakukan siding isbat untuk penentuan permulaan tanggal 1 Dzulhijjah. Usai siding isbat yang akan digelar di Jakarta mala mini akan diketahui kapan jatuhnya hari untuk wukuf di Arafah.

Penulis: Husein Sanusi
Ikuti kami di
Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas