Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
No Thumbnail
Desktop Version

Ibadah Haji 2020

278 Calon Jemaah Minta Pengembalian Setoran, Terbanyak dari Jawa Tengah

Kemenag menerima permohonan pengembalian setoran pelunasan biaya haji dari 278 calon jemaah haji yang batal berangkat tahun ini.

278 Calon Jemaah Minta Pengembalian Setoran, Terbanyak dari Jawa Tengah
Tribunnews/Bahaudin/MCH2019
Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin saat menyapa Jemaah Haji Indonesia di Terminal Syieb Amir, Makkah, Jumat (16/8/2019). (Tribunnews/Bahaudin/MCH2019) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Dalam kurun waktu dua pekan terakhir Kementerian Agama (Kemenag)
menerima permohonan pengembalian setoran pelunasan biaya haji dari 278 calon jemaah haji yang batal berangkat tahun ini.

”Dua pekan dari pembatalan keberangkatan, tercatat 278 jemaah haji mengajukan pengembalian setoran pelunasan,” kata Direktur Layanan Haji Dalam Negeri, Muhajirin Yanis, dalam keterangannya, Selasa (16/6/2020).

Kemenag memang membuka opsi bagi jemaah haji 2020 yang sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) untuk menarik kembali setoran pelunasannya.

Proses pengembalian setoran pelunasan itu sudah dibuka sejak 3 Juni 2020, atau sehari setelah pemerintah mengumumkan bahwa pemberangkatan ibadah Haji 2020 ditiadakan akibat pandemi Covid-19 yang masih melanda Arab Saudi.

Wukuf di Arafah yang merupakan puncak pelaksanaan ibadah haji. Tahun ini, ibadah haji ditiadakan menyusul pandemi virus corona.
Wukuf di Arafah yang merupakan puncak pelaksanaan ibadah haji. Tahun ini, ibadah haji ditiadakan menyusul pandemi virus corona. (Instagram/marco_umrah)

Para jemaah yang meminta pengembalian setoran pelunasan itu dapat mengajukannya ke Kemenag kabupaten/kota untuk selanjutnya diproses ke Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), dan Bank Penerima Setoran (BPS). Nantinua setelah mendapat Surat Perintah Membayar (SPM) dari BPKH, BPS
akan mentransfer dana yang telah dibayarkan ke rekening jemaah.

Proses ini akan berlangsung selama sembilan hari kerja sejak berkas permohonan dinyatakan lengkap oleh Kankemenag kabupaten/kota.

"Permohonan 278 jemaah sudah kami kirim ke BPKH. Sebanyak 206 permohonan sudah diterbitkan SPM-nya oleh
BPKH dan sudah diterima BPS Bipih," ungkap Muhajirin.

"Kalau sudah ada SPM, BPS Bipih tinggal mentransfer ke rekening jemaah," imbuhnya.

Muhajirin juga menjelaskan, 278 jemaah yang sudah mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan itu tersebar di 26 provinsi.

Lima provinsi dengan pengajuan terbanyak yakni Jawa Tengah (51), Jawa Timur (46), Jawa Barat (41),
Sumatera Utara (30), dan Lampung (15).

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Anita K Wardhani
  Loading comments...
© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas