Tribun

Ibadah Haji 2022

Jemaah Haji Mulai Kembali Pulang ke Tanah Air, Tak Ada Karantina Terpusat setelah Sampai Indonesia

Jemaah haji Indonesia mulai kembali pulang ke tanah air setelah selesai melaksanakan rangkaian ibadah haji di Arab Saudi.

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Arif Fajar Nasucha
zoom-in Jemaah Haji Mulai Kembali Pulang ke Tanah Air, Tak Ada Karantina Terpusat setelah Sampai Indonesia
istimewa
Wakil Menteri agama sekaligus Naib Amirul Hajj Zainut Tauhid Sa'adi melepas keberangkatan kloter pertama jemaah haji yang akan pulang ke tanah air, Kamis (14/7/2022) malam waktu Arab Saudi. 

TRIBUNNEWS.COM - Jemaah haji Indonesia mulai kembali pulang ke tanah air setelah menyelesaikan rangkaian ibadah di tanah suci.

Kloter pertama haji yang pulang ke Indonesia berjumlah 390 orang yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 1 Embarkasi Solo (SOC).

Dikutip dari keterangan resmi Kementerian Agama, jemaah haji diterbangkan menuju tanah air dari Bandara King Abdul Aziz, Jedah, pada Jumat (15/7/2022) pukul 05.10 waktu Arab Saudi.

Adapun pelepasan dilakukan di hotel Al Keswah, Jarwal, Makkah, tempat jemaah menginap, oleh Wakil Menteri agama sekaligus Naib Amirul Hajj Zainut Tauhid Sa'ad pada Kamis malam. 

"Alhamdulillah malam ini bisa kami lepas jemaah dari SOC Solo. Pesan Pak Menteri, kami dari Kemenag meminta maaf jika selama di tanah suci mungkin kurang maksimal. Meskipun kami sudah menyiapkan sebaik-baiknya, tapi pasti ada kekurangan," ujar Wamenag.

Setelah jemaah asal Solo, juga ada jemaah asal Padang (PDG) kloter 1 dengan jumlah 393 orang yang menyusul diberangkatkan pulang ke tanah air.

Baca juga: Jemaah Haji Indonesia Mulai Tinggalkan Hotel di Makkah, Bersiap Pulang ke Tanah Air

Jemaah asal Padang rencananya akan terbang menuju tanah air pukul 07.10 WAS, Jumat.

Baik yang menuju Solo maupun Padang, keduanya akan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Penerbangan akan menempuh waktu sekitar 9 jam.

Selain SOC 1 dan PDG 1, di hari yang sama akan diterbangkan juga jemaah SOC 2, Kloter 1 dan 2 Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS), serta Kloter 1 Jakarta-Pondokgede (JKG).

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas