Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Menag Yaqut Protes Soal Jemaah Haji RI Telantar Pada Menteri Haji Arab Saudi, Ini Hasilnya

Menag Yaqut Cholil Qoumas sempat melakukan pertemuan khusus dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Dr Tawfiq Fawzan Al-Rabiah.

Editor: Anita K Wardhani
zoom-in Menag Yaqut Protes Soal Jemaah Haji RI Telantar Pada Menteri Haji Arab Saudi, Ini Hasilnya
Dokumentasi Kementerian Agama
Menag Yaqut Cholil Qoumas hadir dalam pertemuan ini memenuhi undangan dari Menteri Haji dan Umrah Saudi Taufiq F Al Rabiah. 

TRIBUNNEWS.COM, MAKKAH - Direktur Jenderal (Dirjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Hilman Latief mengatakan bahwa Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas sempat melakukan pertemuan khusus dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Dr Tawfiq Fawzan Al-Rabiah.

Pertemuan itu dilakukan sebelum Menag Yaqut menghadiri Hafl al-Haj al-Khitamy 1444 Hijriah yakni acara perayaan selesainya puncak Haji 1444 Hijriah/2023 Masehi yang digelar di Kantor Kementerian Haji dan
Umrah di Makkah, Arab Saudi pada Jumat(30/6/2023) malam.

Baca juga: Tangis Arifin Pecah Usai Memeluk Istrinya, Sempat Putus Kontak Selama Tiga Hari di Arab Saudi

"Menag menemui secara khusus Menteri Haji Arab Saudi Tawfiq sebelum mengikuti perayaan atas selesainya penyelenggaraan haji 1444 Hijriah," kata Hilman di Makkah, Arab Saudi, Minggu (2/7/2023).

Dalam pertemuan itu, kata dia, Menag Yaqut mengapresiasi sejumlah kemudahan yang diperoleh jemaah Indonesia selama beribadah Haji.

Tidak hanya itu, Menag Yaqut juga menyampaikan sejumlah masalah yang dihadapi jemaah Haji Indonesia, khususnya
terkait Mashariq yang ditunjuk pemerintah Arab Saudi dalam memberikan layanan di Muzdalifah dan Mina.

Baca juga: Menag Yaqut Keluhkan Sederet Hal Ini saat Bertemu dengan Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi

"Layanan di Arafah, Muzdalifah, dan Mina sepenuhnya menjadi tanggung jawab Mashariq dan pihak Saudi. Karenanya, Menag menyampaikan sejumlah masalah yang muncul kepada Menhaj Saudi," tegas Hilman.

Hilman pun menyebutkan sejumlah masalah yang dialami jemaah Haji Indonesia, satu diantaranya terkait keterlambatan pemberangkatan jemaah dari Muzdalifah ke Mina.

BERITA TERKAIT

Jemaah terakhir diberangkatkan ke Mina pada pukul 13.30 waktu Arab Saudi, ini tentu saja membuat jemaah kepanasan saat di Muzdalifah.

Baca juga: Jemaah Haji Sempat Alami Sejumlah Masalah, Menteri Haji Arab Saudi akan Lakukan Perbaikan

Mashariq yang bertanggung jawab dalam mobilisasi jemaah, kata dia, gagal dalam memenuhi target untuk segera membawa jemaah Haji Indonesia dari Muzdalifah ke Mina.

Masalah lainnya muncul saat jemaah berada di Mina, yakni sanitasi yang sangat buruk pada sejumlah maktab yang dihuni jemaah Haji Indonesia.

Menteri Agama Yaqut C Qoumas bersama Founder NUPro Music yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat Pagar Nusa Nahdlatul Ulama, M. Nabil Haroen menjalani ibadah Haji di Tanah Suci.
Menteri Agama Yaqut C Qoumas.

Air bersih di dapur pada sejumlah maktab pun tidak keluar, hal ini membuat proses persiapan makanan dan distribusinya menjadi terlambat.

"Semua problem yang terjadi di Muzdalifah dan Mina disampaikan ke Menhaj Saudi karena itu menjadi tanggung
jawab Mashariq,"jelas Hilman.

Hilman menekankan bahwa Menteri Tawfiq telah mendengar sejumlah persoalan yang dialami jemaah Haji Indonesia dan akan melakukan perbaikan. Arab Saudi pun menjamin bahwa pengalaman buruk ini tidak akan terjadi kembali.

Dalam acara Hafl al-Haj al-Khitamy 1444 Hijriah bertajuk "Khitaamuhu Misk" itu, hadir
pula Sekjen Kemenag Nizar Ali, Dirjen PHU Kemenag Hilman Latief, Irjen Kemenag Faisal AH, Staf Khusus Menag Ishfah Abidal Aziz, Direktur Pelayanan Haji Luar NegeriSubhan Cholid, serta Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas