Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Tahun Depan Jemaah Haji Riau tak Lagi Diberangkatkan Melalui Embarkasi Haji Antara Riau

Pemprov Riau memutuskan tidak lagi mengoperasikan Embarkasi Haji Antara Riau untuk keberangkatan jamaah haji tahun 2024 mendatang.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Tahun Depan Jemaah Haji Riau tak Lagi Diberangkatkan Melalui Embarkasi Haji Antara Riau
AFP/SAJJAD HUSSAIN
Masjidil Haram di Mekkah. Embarkasi Haji Antara Riau (EHA) dinyatakan tidak layak. Sebab kondisi EHA Riau hanya mampu menampung satu kloter. Alhasil Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memutuskan tidak lagi mengoperasikan Embarkasi Haji Antara Riau untuk keberangkatan jamaah haji tahun 2024 mendatang. (Photo by Sajjad HUSSAIN / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, PEKANBARU - Embarkasi Haji Antara Riau (EHA) dinyatakan tidak layak. Sebab kondisi EHA Riau hanya mampu menampung satu kloter.

Alhasil Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau memutuskan tidak lagi mengoperasikan Embarkasi Haji Antara Riau untuk keberangkatan jamaah haji tahun 2024 mendatang.

Kebijakan ini diambil setelah Pemprov Riau bersama pihak terkait melakukan pembahasan bersama.

Diketahui Embarkasi Haji Antara adalah tempat pemberangkatan jemaah haji menuju Embarkasi.

Baca juga: Wapres Maruf Amin Dorong Usulan Kenaikan Biaya Haji Jadi Rp 105 Juta Dikaji Ulang

Sedangkan embarkasi adalah tempat pemberangkatan jemaah haji ke Arab Saudi.

"Kami sudah rapat dengan Kemenag Riau dan seluruh kabupaten kota, asisten dan kepala biro se kabupaten kota. Intinya, Embarkasi Haji Antara Riau ini belum layak. Karena hanya mampu menampung satu kloter," kata Sekdaprov Riau, SF Hariyanto usai memimpin rapat evaluasi EHA Riau di kantor Gubernur Riau, Senin (20/11/2023).

"Jadi kalau satu kloter belum berangkat, kloter yang berikutnya belum bisa masuk. Harus menunggu sampai kloter yang duluan masuk embarkasi itu berangkat," imbuhnya.

BERITA TERKAIT

Akibatnya banyak jamaah haji dari daerah yang terpaksa harus berangkat malam hari atau bahkan dini hari untuk masuk ke asrama.

"Mereka malam-malam berangkat, tidak ada istirahat, di Batam itu mereka istrirahat sekitar 5 jam, kemudian langsung terbang ke Arab Saudi. Makanya mereka ini kecapean, apalagi yang berangkat ini banyak juga yang lansia," katanya.

Tahun depan, jamaah haji dari Riau tak lagi berangkat melalui asrama haji Riau.

Dari kabupaten kota mereka langsung terbang ke asrama haji di Batam.

Baca juga: 10 Poin Evaluasi Komisi VIII DPR Terhadap Pelaksanaan Ibadah Haji 2023

Mereka istrirahat satu malam di sana lalu diberangkatkan ke Arab Saudi.

"Kemenag Riau dan seluruh kabupaten kota setuju, jamaah haji kita tidak lagi diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Antara Riau," ujarnya.

Selain persoalan daya tampung, fasilitas di EHA Riau juga dinilai kurang lengkap.

Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau_1
Pemerintah Provinsi Riau memutuskan tidak lagi mengoperasikan Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau untuk keberangkatan jamaah haji tahun 2024 mendatang.

Mulai dari aula yang kurang memadai hingga fasilitas pendukung lainnya yang tidak layak.

"Jadi mulai tahun depan jamaah haji kita langsung ke Batam tidak perlu masuk asrama haji lagi di Riau," katanya. (Tribunpekanbaru.com/Syaiful Misgio)

Artikel ini telah tayang di TribunPekanbaru.com dengan judul BREAKING NEWS: Embarkasi Haji Antara Riau Tak Dioperasionalkan Lagi, Jamaah Langsung ke Batam

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
berita POPULER
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas