Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Maktour Travel Pastikan Kesiapan Para Jemaah Haji 2024, Ada Pembimbing hingga Pemilihan Konsumsi

Ahmad menyampaikan, hal terpenting yang harus diperhatikan Maktour Travel adalah memastikan para jamaah memahami dan memenuhi rukun haji dengan benar.

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Maktour Travel Pastikan Kesiapan Para Jemaah Haji 2024, Ada Pembimbing hingga Pemilihan Konsumsi
Tribunnews.com/Ibriza Fasti Ifhami
Manasik Haji 2024/1445 H Maktour Travel, di Hotel The Sultan, Jakarta Pusat, pada Sabtu (18/5/2024). 

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ibadah haji merupakan kewajiban bagi umat muslim yang mampu melakukannya. Selain kesiapan finansial, persiapan fisik, mental, dan hati juga dibutuhkan untuk menjalani ibadah dengan waktu panjang ini.

Maktour Travel memastikan persiapan para jamaah haji 2024 terpenuhi, dengan memberikan pelayanan mulai dari pembekalan teori dan praktik hingga bimbingan selama menjalani proses ibadah haji.

Tribunnews.com berkesempatan melihat langsung praktik manasik haji di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, pada Sabtu (18/5/2024).

Tampak para jamaah pria tengah diajarkan cara mengenakan kain ihram yang benar, sehingga kokoh alias tak mudah terbuka.

Sedangkan, para jamaah wanita tengah duduk menunggu giliran praktik manasik haji mereka.

Baca juga: Fatwa Ulama Saudi, Wajibkan Adanya Izin Haji bagi Siapa pun yang Akan Berhaji

Pembimbing jamaah haji Maktour Travel, Ahmad Thib Raya mengatakan, pembekalan telah diberikan sebanyak tiga kali.

BERITA REKOMENDASI

Tiga rangkaian manasik haji itu terdiri dari dua pembekalan teori dan sisanya praktik. Ia mengatakan, pembekalan dilakukan dua kali dalam seminggu, Sabtu dan Ahad.

"Maka tadi sangat rinci penyampaiannya dalam hal mulai dari tayamum, melaksanakan salat di pesawat, sampai pada saat mereka itu ada di masjid, dipraktikkan semua," kata Ahmad, kepada Tribunnews, Sabtu siang.

Ahmad menyampaikan, hal terpenting yang harus diperhatikan Maktour Travel adalah memastikan para jamaah memahami dan memenuhi rukun haji dengan benar.

Kemudian, ia menjelaskan, persiapan fisik, mental, dan hati para jamaah menjadi hal yang juga sangat penting. Oleh karena itu, Ahmad menjelaskan, tak hanya berkaitan dengan proses ibadah, Maktour Travel juga mengatur hingga soal konsumsi untuk menjaga kesehatan jamaah.

"Pelayaan dalam kaitan dengan pelaksanaan ibadah. Pengalaman kami, jamaah ketika tawaf, ada beberapa mutawif yang akan mendampingi. Satu kali tawaf ada 4-5 pembimbing. Ada di tengah (barisan), ada di belakang," jelasnya.

Baca juga: KSP: Pemerintah Soroti Kenaikan UKT

Dalam hal jika ada jamaah yang batal wudhu, kata Ahmad, seorang pembimbing di belakang akan menemani jamaah tersebut untuk mengambil wudhu hingga kembali ke rombongan tawaf.

"Kami berharap jamaah yang akan melaksanakan ibadah haji tahun ini bisa melaksanakan haji dan umroh mereka dalam keadaan sehat," ucap Ahmad.

Sebagai informasi, Maktour Travel akan memberangkatkan para jamaah haji secara bergelombang, yakni pada 27 Mei, 7 Juni, dan 10 Juni 2024.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas