Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Sebelum Tiba di Makkah, Jemaah Haji Indonesia akan Mengambil Miqat di Bir Ali

Sebelum ke Makkah, jemaah dari Madinah akan ambil Miqat Umrah terlebih dahulu di Masjid Dzilhulaifah atau Bir Ali.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in Sebelum Tiba di Makkah, Jemaah Haji Indonesia akan Mengambil Miqat di Bir Ali
SERAMBINEWS.COM/Khalidin Umar Barat/MCH 2024
Jemaah haji gelombang pertama mulai didorong dari Madinah Al-Munawwarah ke Makkah Al-Mukarramah hari ini, 20 Mei 2024. Sebelum ke Makkah, jemaah dari Madinah akan ambil Miqat Umrah terlebih dahulu di Masjid Dzilhulaifah atau Bir Ali. Foto rombongan jemaah calon haji (JCH) Indonesia saat melaksanakan Ziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW dan Raudhah di Masjid Nabawi Madinah, Seni 13 Mei 2024 malam Waktu Arab Saudi (WAS). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jemaah haji gelombang pertama mulai didorong dari Madinah Al-Munawwarah ke Makkah Al-Mukarramah hari ini, 20 Mei 2024.

Sebelum ke Makkah, jemaah dari Madinah akan ambil Miqat Umrah terlebih dahulu di Masjid Dzilhulaifah atau Bir Ali.

Baca juga: Maktour Travel Pastikan Kesiapan Para Jemaah Haji 2024, Ada Pembimbing hingga Pemilihan Konsumsi

"Dalam perjalanan dari Madinah menuju Makkah, jemaah haji akan terlebih dahulu mengambil Miqat Makani (tempat) untuk berihram di Masjid Dzulhulaifah atau lebih dikenal dengan sebutan Bir Ali," kata Tim Media Center Kementerian Agama Widi Dwinanda melalui keterangan tertulis, Senin (20/5/2024).

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Daerah Kerja (Daker) Madinah mengintensifkan persiapan pemberangkatan.

"PPIH Arab Saudi Daker Madinah terus melakukan persiapan teknis dan koordinasi intensif agar proses tahapan ini berjalan lancar," kata Widi.

Widi menyampaikan PPIH Arab Saudi Daerah Kerja Makkah pun tengah bersiap menyambut kedatangan jemaah dari Madinah ke Kota Makkah.

BERITA REKOMENDASI

Untuk akomodasi jemaah, tercatat ada 170 hotel yang telah disewa dengan skema full musim.

Baca juga: Berangkat Haji Bersama 4 Temannya dengan Maktour Travel, Jemaah Ini Akui Ibadah sambil Refreshing

"Pemondokan ini tersebar di lima wilayah, yaitu Syisyah, Raudhah, Jarwal, Misfalah, dan juga Ray Bakhs,” ucapnya.

Hotel-hotel yang menjadi pemondokan jemaah, lanjutnya, telah dilengkapi dengan fasilitas ramah lansia dan disabilitas, seperti kursi tunggu prioritas ramah lansia, lift untuk lansia, kamar mandi dan sebagainya.

"Penanda dan stiker-stiker imbauan untuk prioritas lansia dan disabilitas juga sudah dipasang," katanya.

"Selain penyiapan pemondokan, sarana transportasi bus shalawat yang akan mengantar jemaah dari hotel ke Masjidil Haram dan sebaliknya serta layanan katering jemaah telah disiapkan PPIH Arab Saudi Daker Makkah," tambahnya.

Berdasarkan laporan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Sabtu, 18 Mei 2024 pukul 21.00 Waktu Arab Saudi (WAS) atau Minggu, 19 Mei 2024 pukul 01.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Jemaah haji yang sudah tiba melalui Bandara Amir Muhammad Bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah berjumlah 49.850 orang yang terbagi dalam 126 kelompok terbang.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas