Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Legislator PPP Soroti Pelaksanaan Ibadah Haji 2024

Oleh karena itu, untuk memutus layanan yang tidak maksimal setiap tahunnya ini perlu adanya Panitia Khusus (Pansus) Haji. Sehingga semua permasalahan

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Acos Abdul Qodir
zoom-in Legislator PPP Soroti Pelaksanaan Ibadah Haji 2024
AFP/FADEL SENNA
Seorang pria berdiri di sebuah restoran menyaksikan jamaah Muslim berjalan mengelilingi Ka'bah, tempat suci umat Islam, di Masjidil Haram di kota suci Mekah, Arab Saudi pada 13 Juni 2024, menjelang ibadah haji tahunan. - Setelah melakukan perjalanan dari seluruh penjuru dunia ke kota suci Islam, para peziarah pertama-tama akan melakukan tawaf berjalan tujuh kali mengelilingi Ka'bah, kubus hitam raksasa yang didoakan umat Islam di seluruh dunia setiap hari. (Photo by FADEL SENNA / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PPP, KH Muslich Zainal Abidin menyayangkan layanan ibadah haji 2024 yang tidak maksimal. 

Padahal, ini merupakan program rutintas tahunan yang seharusnya pelaksanaan tiap tahunnya bisa lebih baik baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Nyataanya tahun ini layanan pelaksanaan ibadah haji untuk Jemaah Indonesia di Arab Saudi masih banyak kekurangan. Mulai dari pemondokan yang berjubel melebihi kapasitas, katering yang belum memuaskan, dan lainnya yang merupakan kebutuhan dasar selama berada di Haromain, Mekkah dan Madinah,” kata KH Muslich, Sabtu (29/6/2024).

Oleh karena itu, untuk memutus layanan yang tidak maksimal setiap tahunnya ini perlu adanya Panitia Khusus (Pansus) Haji. Sehingga semua permasalahan bisa dijelaskan secara gambang dan DPR bisa meminta pertanggungjawaban pemerintah. 

“Pansus Haji diperlukan untuk meminta pertanggungjawaban pemerintah yang tidak maksimal memberikan layanan haji kepada Jemaah Indonesia. Permintaan pertanggungjawaban itu tidak bisa hanya dilakukan melalui Rakat Kerja (Raker) karena tidak akan menyelesaikan masalah,” jelas legislator asal Magelang Jawa Tengah ini.

Baca juga: Masih Ditemukan Air Zamzam di Koper Bagasi Jemaah Indonesia, PPIH: Awas Akan Dibongkar!

Muslick menyebutkan, keberadaan Pansus ini juga penting untuk membantu agar pemerintah yang akan berganti pada Oktober mendatang tidak mengulangi kesalahan yang dilakukan pemerintahan sebelumnya. 

BERITA REKOMENDASI

“Hasil dari Pansus Haji akan membantu pemerintahan yang akan datang agar bisa memberikan layanan yang lebih baik daripada pemerintahan saat ini,” pungkas KH Muslich.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas