Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

10 Fakta yang Belum Diungkap Soal Hilangnya Pesawat MAS MH370

Di antara semua misteri, ada beberapa hal fakta yang belum diketahui publik soal hilangnya Pesawat MAS MH370.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
zoom-in 10 Fakta yang Belum Diungkap Soal Hilangnya Pesawat MAS MH370
wonderfulengineering.com
Grafis dan keterangan yang menunjukkan data terbaru titik lokasi hilang kontak dan berbeloknya Malaysia Airlines MH370. 

TRIBUNNEWS.COM - Delapan hari sudah pesawat Boeing 777-200 Malaysia Airlines MH370 menghilang. Bak ditelan bumi, pesawat itu belum juga ditemukan meski segala upaya yang melibatkan banyak pihak, negara, serta menggunakan berbagai peralatan canggih telah dilakukan.

Penerbangan yang mengakut 239 penumpang dan awak pesawat itu sama sekali tidak meninggalkan jejak sebelum menghilang sepenuhnya. Dikutip Tribunnews.com dari Wonderfulengineering.com, di antara semua misteri, ada beberapa hal fakta yang belum diketahui publik. Berikut kesepuluh fakta tersebut.

1 . Beberapa Penumpang Tidak Jadi Naik ke Pesawat

Pemerintah Malaysia saat ini sedang menyelidiki fakta lima penumpang yang telah memesan tiket tidak jadi naik ke pesawat . Mereka memang telah check in sebelum penerbangan, namun tak pernah naik ke pesawat. Bagasi mereka telah diambil sebelum penerbangan.

2 . Lima Hari Lamanya Tim Pencari Salah Posisi

Pesawat itu terakhir terlacak di Selat Malaka antara Pantai Indonesia dan Malaysia. Pesawat berbalik dekat Vietnam, ketika itu pemancar sinyal dari pesawat berhenti. Pesawat lalu berbelok ratusan mil jauhnya dari jalur penerbangan aslinya . Tim pencari telah mencari tempat di mana pemancar sinyal pesawat itu berhenti bekerja, bukan di dekat Selat Malaka .

3 . Pesawat Punya Black Box 'Super'

BERITA TERKAIT

Disebut super karena semua pesawat Komersil Boeing 777 dilengkapi black box yang terbukti tahan atas ledakan. Selain itu, selama tiga puluh hari, black box tersebut mampu mengirimkan data lokasi di mana pesawat berada.

Disebutkan, kotak hitam di tiap Boeing 777 memang dirancang untuk menahan setiap ledakan dari pesawat itu sendiri . Pada black box tersebut terdapat rekaman digital dari percakapan di kokpit, rincian data penerbangan, serta data soal kondisi di sekitar pesawat saat mengudara.

Mengapa para tim pencari kesulitan menemukan pesawat adalah karena mereka tidak bisa mendapatkan sinyal dari kotak hitam tersebut. Biasanya, dengan mengikuti alur arah sinyal yang dipancar dari kotak hitam, akan mengarahkan tim pencari ke lokasi pesawat. Tidak adanya sinyal apapun dari kotak hitam, mengindikasikan perangkat yang tahan ledakan tersebut telah dinonaktifkan.

4 . Hingga Kini Ponsel Penumpang Masih Berdering

Banyak keluarga dan kerabat dari sebanyak 239 awak dan penumpang MH370 berusaha menghubungi lewat ponsel sejak sabtu silam. Mereka tetap mendengar telepon berdering, tapi tidak ada yang menjawab.

5 . Sejumlah Bagian Pesawat Dibuat dari Bahan yang Mengapung di Air

Dalam kasus-kasus jatuhnya pesawat di laut, banyak bagian pesawat yang ditemukan mengambang di permukaan karena bagian itu memang dibuat dan dirancang dari bahan yang bisa mengapung .

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas