Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

160 Nasabah Yokohama Bank Ada di Indonesia

Bank of Yokohama memang sedang aktif untuk go internasional. Nasabahnya, perusahaan Jepang juga banyak menyebar ke berbagai negara.

Editor: Dewi Agustina
zoom-in 160 Nasabah Yokohama Bank Ada di Indonesia
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Situs Yokohama Bank, bank regional Jepang yang berusaha go internasional. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com di Tokyo, Richard Susilo

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Bank of Yokohama memang sedang aktif untuk go internasional. Nasabahnya, perusahaan Jepang juga banyak menyebar ke berbagai negara terutama di Asia termasuk di Indonesia. Sedikitnya 160 perusahaan Jepang yang menjadi nasabahnya, memperluas usahanya ke Indonesia saat ini.

"Kami memang sedang meluaskan usaha ke dunia internasional," papar Takashi Haraikawa, eksekutif Bank of Yokohama, Kamis (24/7/2014) sore khusus kepada Tribunnews.com.

Sejak Januari 2012, pihak bank memang telah kerja sama dengan Bank International Indonesia (BII).

"BII menjadi rekanan kami di Indonesia dan memiliki Japan Desk di sana," ujarnya.

Melalui Japan Desk tersebut bank melakukan berbagai kegiatan di Indonesia terutama mendekati dan melayani nasabah Jepang yang ada di Indonesia.

"Kami juga mengirimkan staf seorang ke Jakarta untuk beberapa lama sehingga memudahkan pelayanan serta bantuan kepada nasabah kami yang ada di Indonesia," katanya.

BERITA REKOMENDASI

Jumlah nasabah perusahaan Jepang berjumlah 160 perusahaan Jepang yang ada di Jepang. tetapi perusahaan tersebut tampaknya bukan hanya memiliki satu anak perusahaan saja di Indonesia.

"Bisa saja memiliki beberapa anak perusahaan di Indonesia," katanya.

Upaya pelayanan bank tersebut terutama dalam pelayanan pemberian kredit kepada nasabahnya. Kalau pinjaman bentuk rupiah dapat melalui bantuan BII lalu akan dikerjasamakan dengan bank tersebut.

"Namun kalau pinjaman kepada kantor pusat perusahaan Jepang di Jepang, di dalam jumlah pinjaman itu ada pula kegunaan untuk Indonesia, tentu pinjaman dalam yen, ya bisa pula dilakukan kantor pusat di Jepang kepada kami. Selanjutnya urusan internal perusahaan Jepang itu sebagai peminjam untuk urusan anak usahanya yang ada di Indonesia," jelasnya.

Sampai saat ini belum ada kantor cabang atau Representatif Bank of Yokohama di Indonesia.

"Sampai saat ini tampaknya belum ada rencana buka kantor di Indonesia. Jadi masih dalam bentuk kerja sama dengan BII saja," kata dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas