Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Penyebab Kebakaran di Hotel Mekkah dari Alat Penanak Nasi Milik Jemaah Haji Indonesia

Adapun hotel yang terbakar berada di Pemondokan 403 wilayah‎ Aziziyah Utara Mekkah

Penulis: Edwin Firdaus
zoom-in Penyebab Kebakaran di Hotel Mekkah dari Alat Penanak Nasi Milik Jemaah Haji Indonesia
Kompas.com
Ilustrasi Kebakaran 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebuah hotel di Mekkah dilalap api. Rupanya yang jadi penyebab adalah saat jemaah haji asal Indonesia yang sedang menanak nasi dengan alat rice cooker.

Adapun hotel yang terbakar berada di Pemondokan 403 wilayah‎ Aziziyah Utara Mekkah.

"Peristiwa kebakaran terjadi jam 23.30 di kamar nomor 810, penyebabnya adalah seorang Jamaah masak nasi dengan alat rice cooker lalu kelupaan dan ditinggal pergi ke masjid haram, dan kemudian terjadilah kebakaran," kata Kepala Daerah Kerja Mekkah‎ pada Kementerian Agama RI, Arsyad Hidayat, saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (17/9/2015).

Menurut Arsyad, meski insiden nahas itu tak menimbulkan korban di pemondokan itu, namun 1024 jemaah yang menghuni pemondokan tersebut harus dievakuasi ke pemondokan baru.

"Para jemaah saat itu juga langsung dievakuasi ke Hotel Holiday Inn dan tadi siang sudah dapat kembali ke Hotel asalnya. Sementara jamaah yang tinggal di lantai delapan (tempat kebakaran) dipindahkan ke hotel baru di wilayah Mahbas Jin. Karena jemaah belum sempat membekali diri, akhinya PPIH Arab Saudi memberikan makan siang kepada jemaah bersangkutan," tuturnya.

BERITA REKOMENDASI
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas