Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Perjalanan Politik Donald Trump, Presiden Baru Negeri Paman Sam

Donald Trump memang memulai karier dalam hidupnya sebagai seorang pebisnis, yang berfokus pada sektor real estate dan hiburan.

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Perjalanan Politik Donald Trump, Presiden Baru Negeri Paman Sam
internet
trump 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON  - Jumat (20/1/2017), AS bersiap untuk menyambut presiden terbarunya, pebisnis real estate Donald Trump.

Lahir 70 tahun lalu di New York, AS, Donald Trump akan menjadi presiden AS tertua, terkaya, dan pertama yang tidak berlatarbelakang militer atau pemerintahan.

Donald Trump memang memulai karier dalam hidupnya sebagai seorang pebisnis, yang berfokus pada sektor real estate dan hiburan.

Namun, pria berambut pirang ini pun tak begitu asing dengan dunia politik.

Sejak 1987, Donald Trump sudah terdaftar sebagai anggota Partai Republik, namun sejak itu ia sempat lima kali berganti aliran partai.

Pada Agustus 2001, Donald Trump sempat berganti aliran ke Partai Demokrat, dan pada 2011 memilih untuk berstatus sebagai anggota independen.

Partai Republik kembali jadi pilihannya pada April 2012.

BERITA REKOMENDASI

Idenya untuk mencalonkan diri sebagai Presiden AS sebenarnya sudah datang sejak 1988, saat dirinya tampil dalam acara 'Oprah Winfrey Show'.

Ketika ditanya host Oprah Winfrey soal ide mencalonkan diri menjadi presiden, Donald Trump menjawab: "Mungkin tidak dulu."

Donald Trump baru mulai terjun untuk pencalonan presiden pada 1999 dan mencoba peruntungannya di pemilihan presiden AS 2000.

Mewakili Partai Reformasi, Donald Trump mengusung tema "The America We Deserve" ('AS yang Layak Bagi Rakyat').

Saat itu, Donald Trump menyeret Oprah Winfrey sebagai pasangan pencalonannya, yang diekspektasikan menjadi calon wakil presiden AS.

Namun, upaya Donald Trump menuju Gedung Putih dihalangi kurangnya dukungan dari Partai Reformasi, setelah pendukung besarnya keluar dari keanggotaan partai tersebut.

Februari 2000, Donald Trump memutuskan untuk hengkang dari pencalonan, dan pemilihan presiden AS 2000 dimenangkan oleh George W Bush.

Donald Trump juga sempat berpikir untuk mencoba peruntungannya di ajang pemilihan Gubernur New York pada 2006 dan 2014, namun selalu urung diri.

Pada Februari 2015, Donald Trump mulai mempersiapkan diri penuh untuk pencalonan presiden di pemilihan presiden AS 2016.

Karena itu, Donald Trump mengumumkan bahwa dirinya tidak lagi memperpanjang kontrak program TV reality show-nya, 'The Apprentice'.

Ia resmi mengumumkan pencalonannya pada Juni 2015 dan mulai aktif berkampanye dengan mengusung tema "Make America Great Again" ('Jadikan AS Luar Biasa').

Dalam pencalonan kali ini, Donald Trump sukses terpilih menjadi Presiden AS ke-45, menggantikan Barack Obama.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas