Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun

Bakal Jadi Pemimpin Baru Al Qaeda, Putra Osama bin Laden Ancam Arab Saudi

Hamza, yang selama ini menjadi wajah propaganda Al-Qaeda, dikabarkan akan menjadi pemimpin baru

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Johnson Simanjuntak
zoom-in Bakal Jadi Pemimpin Baru Al Qaeda, Putra Osama bin Laden Ancam Arab Saudi
Daily Mail/Aljazeera
Hamza bin Laden 

TRIBUNNEWS.COM, RIYADH - Putra Pemimpin Al Qaeda Osama Bin Laden, Hamza bin Laden (28), muncul dalam sebuah video yang berisi pesan ancaman untuk keluarga Kerajaan Arab Saudi.

Hamza, yang selama ini menjadi wajah propaganda Al-Qaeda, dikabarkan akan menjadi pemimpin baru kelompok itu untuk membalas kematian ayahnya.'

Setelah muncul dalam sebuah video pada 2016 lalu, Hamza kembali muncul di video kedua yang dirilis kantor berita resmi Al-Qaeda, As-Sahab.

Diunggahnya video tersebut kemudian dikabarkan oleh media Arab, Al-Monitor.

Dalam videonya yang kedua ini, Hamza menuduh pendiri Kerajaan Arab Saudi, Abdul-Aziz bin Rahman Al-Saud, sebagai agen mata-mata Inggris.

Hamza mengklaim bahwa Kerajaan Arab Saudi selama ini mengkhianati Islam melalui kerja sama dengan "kafir" untuk melawan kekhalifahan Utsmaniyah.

"Hamza menggarisbawahi bahwa saat Perang Dunia I dimulai, Inggris mengirim utusan kepada Al-Saud, Kapten William Henry Shakespear, untuk menjalin aliansi demi melawan Utsmaniyah (Turki)," demikian kutipan dari Al-Monitor, 27 Juli 2017.

BERITA REKOMENDASI

Disebutkan pula bahwa Hamza tengah dipersiapkan untuk menjadi pemimpin baru Al-Qaeda.

Menurut seorang ahli politik dari Pusat Anti-Terorisme Internasional, Colin Clarke, video tersebut menandakan adanya kompetisi soal siapa yang menjadi pemimpin muslim Sunni.

"Itu sama saja Al-Qaeda mengatakan bahwa Arab Saudi telah menjadi boneka mainan Inggris selama bertahun-tahun," jelas Clarke.

"Hamza sedang menjadikan dirinya sebagai figur yang terang-terangan ingin meneruskan misi ayahnya, di saat Al-Qaeda tengah mencari pemimpin baru," katanya lagi.

Sebelumnya, Hamza sudah sempat muncul di dalam sebuah video pada Juli 2016 lalu, menjanjikan akan melakukan perlawanan terhadap AS atas kematian ayahnya.

"Kami akan terus menyerang dan menargetkan warga AS di negaranya atau di negara lainnya," tuturnya dalam rekaman berjudul 'Kami Adalah Osama' itu.

Ia mengatakan perlawanan itu memang bukan hanya sebagai balas dendam untuk Osama.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas