Akses berita lokal lebih cepat dan mudah melalui aplikasi TRIBUNnews
X
Tribun
TribunJualbeli
Tribun Network
About Us
Redaksi
Info Iklan
Contact Us
Help
Terms of Use
Privacy Policy
Pedoman Media Siber
Desktop Version

Ninja Jepang Harus Mengalahkan Empat Kebodohan Jika Tak Mau Jadi Ghost Master

Seorang ninja Jepang harus mengalahkan empat hal penting dari dalam dirinya sendiri jika tak ingin jadi ghost master.

Ninja Jepang Harus Mengalahkan Empat Kebodohan Jika Tak Mau Jadi Ghost Master
Istimewa
Tiga Ninja di Perfektur Mie sedang bertarung. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Tidak lah mudah menjadi seorang ninja. Tidak hanya dibutuhkan keberanian dan kekuatan, tetapi juga ada empat hal penting yang harus bisa dikalahkan dari dalam dirinya sendiri.

"Seorang ninja harus mengetahui secara sadar kelemahannya untuk bisa menjadi ninja yang baik dan pintar. Kalau tidak dia akan jadi Ghost Master atau jagoan setan belaka yang justru membahayakan dirinya sendiri," ungkap sensei Masaaki Hatsumi kepada Tribunnews.com beberapa waktu lalu.

Sensei Hatsumi (87) di Perfektur Chiba adalah salah satu dari dua master ninja Jepang yang masih hidup sampai saat ini di samping Jinichi Kawakami (70) yang berada di Perfektur Mie.

"Ninja harus bisa mengalahkan dan mengantisipasi dengan baik empat hal penting ini yaitu Kecerdasan, jauh dari rasa pengecut, kekuatan diri (power) dan dijauhi dari kebodohan," kata dia.

Oleh karena itu menjadi seorang ninja harus mau dan bisa belajar yang terbaik dan yang terbaik itu mengambil juga dari yang bernilai tinggi dan mahal.

Baca: Bongkar 4 Gol Bunuh Diri Prabowo-Sandi Saat Debat, Adian Napitupulu Sebut Jokowi-Maruf Menang Telak

"Seorang wartawan internasional Kaoru Kanetaka mengatakan, anak muda tidak boleh simpan uang untuk bisa berjalan-jalan ke luar negeri ke tiga tempat. Melainkan mereka harus simpan uang untuk perjalanan ke luar negeri yang mahal dan berkualitas tinggi. Apabila ikut tur ke luar negeri yang murah maka tak bisa ketemu orang berkualitas tinggi. Tapi kalau ikut tur yang mahal, pasti akan ketemu orang yang berkualitas tinggi pula," jelasnya.

Itulah sebabnya dalam menangkap ikan besar, sensei Hatsumi menggunakan umpan yang besar pula.

Meningkatkan ilmunya sehingga menjadi Grand master saat ini menguasai sembilan aliran bela diri, juga menghabiskan energi yang banyak, waltu yang banyak serta uang yang banyak untuk menghasilkan kualitas Grand Master yang "besar" berkualitas.

Meskipun demikian kelemahan manusia juga jadi perhatian sensei Hatsumi.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas